Siapa Sangka, Air Berkarbonasi Bisa jadi Pencerah Wajah Alami

SULTRAKINI.COM: Sejatinya, mencuci wajah dengan air bersih dan pencuci muka merupakan hal yang sering kita lakukan untuk membersihkan wajah dari segala macam kotoran yang menempel di wajah. Tapi, apa jadinya bila air yang biasa digunakan untuk membersihkan wajah diganti dengan minuman berkarbonasi?

Hal ini mungkin merupakan hal baru untuk kita dan terlihat aneh. Kita ketahui bahwa air berkarbonasi atau air soda yang biasanya hanya dijadikan sebagai minuman pelengkap saat nongkrong, tapi siapa sangka rupanya bisa dijadikan sebagai media untuk membersihkan wajah. Namun minuman bersoda yang dimaksud bukan soda yang memiliki warna tapi Sparkling Soda yang dapat digunakan untuk mencuci wajah kamu loh!

Meskipun terlihat aneh, namun dengan menggunakan air berkarbonasi ternyata cukup ampuh untuk membersihkan wajah. Air soda atau air berkarbonasi dipercaya ampuh dalam hal mencerahkan dan merevitalisasi kulit wajah, sehingga terlihat lebih sehat dan berseri. Bagaimana bisa?

Seperti yang dilansir Instyle, merendam wajah didalam air bekarbonasi atau Sparkling Water memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Sparkling water dianggap mampu meremajakan kulit dan menjadikannya mulus. Namun bukan hanya itu, air soda tersebut juga dapat membuat kulit lebih kencang, mengangkat sel-sel kulit mati, serta mebersihkan pori-pori wajah. Hal ini dikarenakan gelembung yang terkandung dalam minuman berkarbonasi mampu menggiring oksigen hingga kelapisan lipid, yang berfungsi sebagai sekat pelindung.

Mencuci muka dengan menggunakan air soda pernah menjadi tren di Korea dan Jepang, seperti dilansir dari Cosmopolitan, seorang founder dari website kecantikan Korea, Soko Glam , Charlotte Cho.

“Menggunakan air berkarbonasi dalam produk kecantikan seperti sheet mask dan toner telah jadi tren di Jepang dan Korea,” ujarnya

Dendy Engelman, M.D., seorang dermatolog kosmetik yang berbasis di New York juga mengatakan bahwa air soda membuat kulita tampak lebih sehat dan halus karena memiliki kandungan CO2 yang melancarkan aliran darah dan oksigen ke jaringan kulit. Sehingga mendorong sistem tubuh yang berfungsi lebih baik secara keseluruhan.

“Air soda tidak hanya membantu membersihkan kulit dengan cara yang lebih dalam, karbonasinya membantu memecahkan kotoran dan minyak yang tetananm di pori-pori anda dan memiliki manfaat nyata secara estetis,” jelasnya.

Ketika membersihkan wajah dengan air soda, karbonasi tidak akan mengubah pH kulit. dr. Engelman menyarankan cara khusus untuk mendapatkan air soda yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan yaitu dengan mencampur CO2 dengan air untuk menurunkan tingkat pH, sehingga membuatnya ramah terhadap kulit.

Lalu, bagaimana cara untuk mengaplikasikannya?. Berikut cara untuk mencuci muka dengan air soda :
– Isi mangkuk dengan soda dan campur dengan air dengan perbandingan yang setara.
– Campuran air soda bisa digunakan untuk membasuh atau merendamkan wajah kedalam air selama 10 sampai 15 detik.
– Bisa juga dengan menggunakan handuk yang dicelupkan ke air soda dengan ditempel atau didiamkan selama beberapa saat pada wajah.
– Bila memungkinakan, gantilah air biasa dengan air soda untuk membersihkan wajah setelah menggunakan sabun pencuci muka.

Selain sebagai pengganti air untuk membersihkan wajah, air soda juga dapat langsung dituangkan pada botol spray dan langsung disemprotkan di wajah. Teknik ini akan mampu mencerahkan kulit secara alami jika digunakan secara teratur. Dapat dilakukan selama satu minggu sekali dan tidak disarakan lagi kalian pemiliki kulit sensitif.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

 

Sumber: Kumparan.com,dan Stylo.grid.id 

Laporan: Nurul Sadrina Sari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.