Sidang Isbat Awal Ramadan 1440 H Digelar 5 Mei, Ini Pantauan Hilal di Sultra

SULTRAKINI.COM: Kementerian Agama RI menyelenggarakan Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1440 Hijriah di Jakarta pada Minggu (5 Mei 2019) atau 29 Syaban 1440 Hijriah. Direktur Urusan Agama Islam dan Pebinaan Syariah, Agus Salim, menerangkan Kemenag akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadan.

Sidang isbat nantinya dimulai 16.00 WIB yang awali pemaparan dari TIM Falakiyah Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440 Hijriah atau usai adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

“Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan 1440 H akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat, kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1440 H,” terang Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin dilansir dari laman resmi Kominfo RI, Kamis (2/5/2019).

yamaha

Pemantau hilal tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas kanwil Kemenag dan Kemenag kabupaten/kota yang bekerja sama dengan pengadilan agama, ormas islam, dan instansi terkait.

Salah satu daerah pemantauan hilal alah Provinsi Sultra, tepatnya Pantai Wolulu di Kecamatan Watubangga serta Pantai Buhari di Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka.

(Baca juga: Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1440 H)

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.