Silaturahim SMSI, Sulkarnain: Media Siber Adalah Mitra, Berjaya di Masa Depan

  • Bagikan
Plt Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, beserta Pengurus dan anggota SMSI Sultra
Plt Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, beserta Pengurus dan anggota SMSI Sultra

SULTRAKINI.COM: Pengurus dan anggota Serikat Media Siber Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara bersilaturahim kepada Pelaksana Tugas Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Minggu (2/12/2018) sore di Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Kendari. Kedatangan SMSI guna memperkenalkan SMSI sebagai asosiasi yang beranggotakan perusahaan media dalam jaringan atau daring (online).

SMSI sebagai organisasi, menjadi wadah bagi media situs berita (siber) yang beroperasi secara profesional sesuai ketentuan UU Pers, kode etik jurnalistik, serta mematuhi koridor Dewan Pers. Selain itu, saling bergandengan mewujudkan perusahaan media yang sehat di sisi ekonomi.

Ketua SMSI Sultra, Gugus Suryaman, mengatakan saat ini media Siber berbasis Sultra yang terdaftar di SMSI berjumlah 16 perusahaan. Pengurus menyusun berbagai program kerja dilaksanakan demi kepentingan bersama. SMSI juga membuka ruang kerja sama dengan berbagai pihak, baik institusi pemerintah maupun swasta untuk membangun negeri yang lebih baik, dan mewujudkan kesejahteraan anggota SMSI itu sendiri.

“Kami bersedia bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan pembangunan daerah, tentu dengan cara dan perspektif kami sebagai media,” ujar Pemimpin Redaksi Sultrakini.com.

Plt Wali Kota Kendari merasa senang dikunjungi para pemimpin media Siber anggota SMSI Sultra, dan menganggap media sebagai mitra bagi pemerintah. Kritik yang disampaikan media, kata Sulkarnain, merupakan bentuk perhatian terhadap kinerja dan upaya pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah. Pejabat publik yang antikritik tidak dibutuhkan masyarakat dalam membangun bangsa.

Apalagi sebagai pejabat publik, harus senantiasa terbuka dan menerima setiap sorotan dari perbagai pihak yang disampaikan melalui media. Begitu pun kinerja organisasi perangkat daerah (OPD), mesti disampaikan kepada publik secara terbuka sehingga masyarakat tahu apa yang dikerjakan pemerintah daerah.

“Sekarang kita mewajibkan setiap OPD di Kota Kendari menyampaikan hasil kinerjanya secara rutin kepada publik melalui media massa. Supaya menjadi evaluasi bersama mewujudkan daerah yang lebih baik. Nanti teman-teman wartawan dicari para kepala dinas, bukan lagi mereka yang dicari-cari,” terang Sulkarnain.

Meskipun media sosial menjadi tren publik, namun berbeda tingkat kepercayaan informasi yang disampaikan dibanding media resmi.

Apalagi, di era digital saat ini, media daring menjadi primadona informasi masyarakat. di masa depan. Media online ini akan berjaya sesuai kemajuan teknologi. Sebab kecenderungan publik yang menggunakan teknologi telah memanfaatkan jaringan internet sebagai sarana interaksi dalam berbagai hal, termasuk mengakses berita. Walau dengan kebebasan saat ini juga berpengaruh pada tumbuhnya media abal-abal, dan dinilai tidak bertahan lama.

Sekretaris SMSI Sultra, Suparman, menjelaskan organisasi perusahaan media siber membuka ruang interaksi bagi tokoh publik menyampaikan gagasan maupun kinerjanya kepada publik, melalui agenda Ngopi (Ngobrol Penting) diselenggarakan secara rutin di Sekretariat SMSI Sultra.

“Anggota SMSI adalah para pemangku kebijakan di medianya masing-masing. Jadi, mereka menentukan ke arah mana opini publik dibentuk. Pengurus berupaya meningkatkan profesionalitas pengelola medianya, juga meningkatkan kapasitas wartawannya,” ungkap wartawan LKBN Antara.

Laporan: Hartia

  • Bagikan