Siswa SMAN 1 Pasarwajo Giat PLS melalui Kegiatan Kepramukaan

SULTRAKINI.COM: BUTON – Sebanyak 360 siswa baru SMAN 1 Pasarwajo, Kabupaten Buton mengikuti kegiatan kepramukaan sebagai rangkaian pengenalan lingkungan sekolah (PLS) tahun ajaran 2019/2020. Kegiatan ini berlangung pada 18-20 Juli 2019 di lingkungan sekolah.

Wakasek Bidang Kesiswaan SMAN 1 Pasarwajo, Samsudin, menerangkan PLS melalui kegiatan pramuka akan mengajarkan seputar dasar-dasar kepramukaan, misalnya peraturan baris berbaris.

“Jadi ini (ekstrakurikuler) wajib dilaksanakan sesuai Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014,” ujar Samsudin, Jumat (19/7/2019).

Id Bulog
Upacara pembukaan kepramukaan di SMAN 1 Pasarwajo. (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)
Upacara pembukaan kepramukaan di SMAN 1 Pasarwajo. (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)

Dalam Permendikbud RI Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru, menegaskan siswa baru perlu mendapatkan PLS pada awal tahun ajaran baru. Agenda kegiatan siswa meliputi kegiatan wajib dan kegiatan pilihan yang disesuaikan dengan silabus PLS, serta kegiatan pilihan lainnya yang disesuikan dengan kondisi dan karakteristik lingkungan sekolah.

Aturan ini juga menyebut, PLS bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menumbuhkan motivasi, dan mengembangkan interaksi siswa di lingkungan sekolah.

Laporan: La Ode Ali
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.