SUARA

Skybender, Drone Penyebar Internet ala Google

SULTRAKINI.COM: Google tengah menguji drone di daerah padang pasir New Mexico, Amerika Serikat. Mereka menamai proyek rahasia itu dengan sebutan Skybender.

Pengujian itu dilakukan di sebuah fasilitas bernama Spaceport America, yang terletak di kota Truth. Ada beberapa drone yang dilibatkan dalam pengujian tersebut dan semuanya menggunakan transmisi nirkabel di frekuensi 5 GHz.

Teknologi nirkabel yang mereka gunakan mampu mengirim data dengan kecepatan lebih dari 1 Gbps. Drone tersebut diharapkan bisa menyediakan koneksi internet untuk orang-orang yang berada di daratan.

yamaha

Google bahkan telah membuat sebuah pusat kontrol untuk drone tersebut, yang mereka buat di hangar berukuran 1.300 meter persegi yang awalnya dibuat untuk Virgin Galactic, dikutip detikINET dari Business Insider, Senin (1/2/2016).

Skybender adalah satu dari sekian banyak proyek insiatif Google untuk menyebarkan internet. Masih ada Project Loon yang menggunakan balon udara dan Project Titan yang menggunakan drone yang punya tujuan serupa.

Selain itu ada juga Project Wing, yang akan dipakai untuk mengirimkan paket berisi barang yang dibeli secara online. Baru-baru ini Google juga meyakinkan pemerintah AS bahwa Project Loon tak akan berbahaya bagi lingkungan pun kesehatan.

sumber: inet.detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.