SMAN 1 Kendari Kenalkan Lingkungan Sekolah dengan Cara Edukatif

SULTRAKINI.COM:KENDARI – SMAN 1 Kendari menjamin pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru, akan jauh dari kesan perpeloncoan. Sebab, dalam penyelenggaraan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh sekolah ini, SMAN 1 Kendari mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2016.

Salah satu item yang diatur dalam Permendikbud ini yakni, memberikan tanggungjawab secara penuh kepada guru sebagai penyelengara dan membatasi keterlibatan siswa senior dalam kegiatan tersebut.

Dijelaskan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kendari, Muhammad Ali, pihaknya mengusung konsep pengembangan karakter siswa dengan cara edukatif yang tidak terlepas dari Permendikbud nomor 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru.

“Tidak ada (konsep khusus), kita sesuai rambu-rambu karena sudah sesuai karakter sekolah,” kata Muh. Ali, Jumat (15/7/2016).

Id Bulog

Untuk peserta masa pengenalan di SMAN 1 Kendari, diikuti oleh 288 siswa baru. Sedangkan penyelengggaranya yakni 6 panitia dan 9 pemateri yang berasal dari guru sekolah tersebut, dibantu oleh 18 siswa pilihan dari pengurus OSIS yang bertugas mendampingi para guru saat membawakan materi di ruang kelas.

Dikatakan Ali, tugas siswa pendamping tersebut, sebatas menertibkan siswa saat menunggu guru pemateri diruang kelas, sebagai moderator, memfasilitasi guru selama selama kegiatan. “Kita jadikan pendamping, supaya ada keakraban antara kakak dan adik,” jelas Muh. Ali.

Selain mengacu pada Permendikbud diatas, untuk mengembangkan pendidikan karakter bagi siswa di SMAN 1 Kendari, sekolah tersebut juga mewajibkan keikutsertaan siswa dalam pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Hal ini, juga telah diatur dalam Permendikbud nomor 63 tahun 2014 tentang tentang pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Dalam kegiatan ini, pemberian materi bagi siswa baru dalam masa pengenalan lingkungan sekolah, ditekankan pada pendidikan karakter, budi pekerti dan cara belajar efektif. 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.