SUARA

SMAN 1 Pasarwajo: Sesi Kedua Hari Terakhir UNBK Berjalan Aman

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Pasarwajo, berjalan aman dan tertib, Kamis (13/04/2017).

Kendala pemadaman lampu dan gangguan server komputer yang umumnya dikhawatirkan sekolah pelaksana UNBK, tidak dialami sekolah tersebut.

“Alhamdulillah sampai sesi kedua hari terakhir ini, pelaksanaan UNBK berjalan aman dan lancar,” kata Kepala SMAN 1 Pasarwajo, Armuddin disela-sela aktivitas pemantauan ujian, Kamis (13/04/2017).

UNBK SMAN 1 Pasarwajo, diikuti 259 peserta yang terbagi atas tiga sesi setiap harinya.

(Baca: Model Tiga Sesi Ujian Nasional di SMAN 1 Pasarwajo)

yamaha

Dalam prosedur operasional standar penyelenggaraan UN, Badan Standar Nasional Pendididkan 2017, menjelaskan pengumpulan dan pengelolaan UNBK diawali dari peran pengawas ruang ujian membuat berita acara pelaksanaan dan daftar hadir dan mengirimkannya ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk SMP sederajat dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk SMA sederajat. Selanjutnya, pengawas mencatat hal-hal yang tidak sesuai dengan POS dalam berita acara pelaksanaan UNBK. Proktor mengunggah berita acara pelaksanaan dan daftar hadir ke web UNBK.

Tugas Proktor juga melaporkan/mensinkronisasikan hasil ujian untuk setiap peserta UN pada setiap sesi ke server pusat. Sedangkan panitia UN Pusat melalui tim teknis UNBK Pusat melakukan skoring dan analisis. Hasil UNBK kemudian diumumkan sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan.

“Dan jadwal pengumumannya dilakukan bulan Mei nanti. Tapi untuk mekanismenya kami belum tahu pasti,” ujarnya.

(Baca juga: Kekurangan Komputer, SMAN 1 Pasarwajo Pinjam Laptop Siswa)

Dia berharap, seluruh peserta ujian bisa memperoleh hasil maksimal dan lulus dengan nilai terbaik.

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.