Iklan Clarion

SMPN 1 Kendari Kembali Mengikuti UNBK 2018

SULTRAKINI.COM: KENDARI – SMPN 1 Kendari kembali mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer 2018. Sejak digulirkannya UNBK pada 2014, pihak sekolah sudah terlibat aktif dalam UN ini dengan segala persiapannya mulai dari sarana dan prasarana serta para siswa.

Kepala SMPN 1 Kendari, Mahdin mengatakan pada UNBK 2018 akan diikuti 285 siswa dengan pembagian tiga sesi ujian selama pelaksanaannya. Sedangkan sarananya sendiri, menggunakan komputer sekolah dan leptop siswa.

“Kesiapan sarana IT (teknologi informasi) berkaitan dengan server harus satu banding tiga, sehingga kita memerlukan lebih kurang 100 unit komputer, namun tidak semuanya menggunakan komputer bisa juga menggunakan laptop, dan hampir semua siswa memiliki laptop,” kata Mahdin, Senin (5/2/2018).

Sementara itu, untuk kesiapan para siswa, lanjut dia, sejak awal Januari 2018 mereka telah mengikuti pelajaran tambahan, sebelum mengikuti pelatihan UNBK sebanyak dua kali yang dilakukan pihak sekolah.

“Kesiapan akademik dan psikologis siswa kita sudah melaksanakan pembelajaran tambahan sejak awal Januari 2018. Pelatihan UNBK akan dilaksanakan pertama kali hari Sabtu 10 Februari 2018 dan kedua akhir bulan Februari atau awal Maret, dan SMP Islam akan bergabung untuk ujian,” jelas Mahdin.

Sedikit bercerita tentang tantangan UNBK perdana, sekolah mengusahakan bantuan sarana ujian dari sejumlah sumber. Misalnya, bantuan yang diberikan dari Kementerian sebanyak 24 unit komputer. Serta meminjam leptop siswa untuk menutupi kekurangan unit komputer sekolah.

Sejak awal UNBK sampai UNBK 2018, pihak sekolah menggunakan sekitar 100 unit komputer.

(Baca juga: Butuh Rp40 Juta, Dalih Kepala SMP 10 Kendari Minta Sumbangan UNBK)

(Baca juga: Ujian Nasional 2018, SMP di Kota Kendari Siap UNBK)

Laporan: Rifin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.