SMPN 2 Raha Buka PPDB Secara Online

  • Bagikan
Ilustras PPDB Online
Ilustras PPDB Online

SULTRAKINI.COM : MUNA – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Raha Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara segera membuka Pendaftaraan Peserta Didik Baru (PPDB) secara Online melalui website resmi smpn2raha.com mulai 2-7 Juli 2018.

Rencananya SMPN 2 Raha bakal melaksankan PPDB berbasis online selama 24 jam sesuai kesepakan calon pendaftar. Hal itu dalam rangka memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat yang akan mendaftarkan putera-puterinya di tahun ajaran baru.

Kepala Sekolah SMPN 2 Raha, La Oko mengungkapkan PPDB online dapat diakses kapan dan dimanapun sehingga orang tua wali atau calon peserta didik tidak perlu lagi mengantri untuk mendaftarkan diri. Namun demikian sekolah tetap membuka ruang bagi calon peserta yang memilih untuk didaftarkan oleh panitia PPDB.

“Jarak tidak lagi jadi masalah dimanapun siswa SD tamat bahkan tamat di luar negeri dapat segera mendaftarkan diri sesuai waktu yang telah ditetapkan. Status pendaftaran juga dapat diketahui setiap saat mulai dari proses penerimaan sampai dengan pengumuman secara real time,” kata La Oko saat dikonfirmasi SultraKini.Com, Minggu (24/6/2018).

Gagasan PPDB berbasis online, lanjut La Oko, bertujuan guna menjawab perkembangan zaman, salah satunya dengan memperkenalkan pada orang tua wali dan calon peserta didik tentang pentingnya menggunakan dan menguasai teknologi informasi (IT) dimasa kini.

“Misalnya pada semua sekolah menggunakan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK), sehingga siswa nantinya terbiasa menggunakan IT dan tidak ada lagi rasa was-was dalam menghadapi ujian sehubungan dengan kendala teknis karena ketidak tahuan peserta ujian,” jelasnya.

Oleh itu, menurutnya banyak manfaat yang diperoleh dari PPDB berbasis online disamping sekedar memperkenalkan kepada calon peserta didik baru tentang penting menguasai IT, juga dimana dalam penggunaannya lebih efektif, efisien, dan cepat.

“Calon peserta didik baru tidak perlu lagi mengantri untuk pengambilan formulir pendaftaran, serta biaya operasional yang harus dikeluarkan panitia pelaksana dan calon peserta akan lebih murah,” tutupnya.

Laporan: Arto Rasyid
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan