SULTRAKINI.COM: Terobosan baru dari Sony yakni rencana merilis robot hewan yang dirancang untuk tinggal dan mengendalikan barang elektronik yang bisa terkoneksi di rumah seperti mesin cuci pintar. Sebuah laporan baru-baru ini mengatakan, perangkat ini juga bisa mempelajari trik baru dan menanggapi perintah, layaknya peliharaan yang nyata.
Sony Rancang Robot Hewan Bisa Kendalikan Peralatan Elektronik
Aibo, Robot hewan buatan Sony (Foto: Reuters)

Robot ini juga dinilai sangat mirip dengan versi modern AIBO, seekor anjing robot Sony yang dijual pada tahun 1999. Anjing robot baru Sony akan mulai dijual pada musim semi 2018, dan akan diresmikan pada acara peluncuran bulan depan. 

Menurut orang-orang yang mengklaim mengetahui rencana perusahaan, robot ini akan terhubung ke internet dan menampilkan komponen baru yang dirancang untuk membuat gerakannya lebih hidup dan memungkinkannya merespons orang lebih cepat daripada versi lama. 

Fitur utamanya adalah kemampuan untuk mengendalikan peralatan cerdas dan peralatan elektronik lainnya di sekitar rumah, seperti mesin cuci, lampu, dan termostat yang bisa terkoneksi melalui jaringan internet. 

Fitur tersebut bersaing dengan asisten suara seperti Amazon Echo dan Google Home. Seperti Amazon Alexa, konsumen akan bisa menambahkan keterampilan yang dikembangkan pihak ketiga ke robot anjing.

Chief executive Sony Kazuo Hirai tahun lalu menunjukkan, perusahaan tersebut juga menginginkannya membuat robot yang mampu membentuk ikatan emosional dengan pelanggan.

 ''Dan mampu tumbuh untuk menginspirasi cinta dan kasih sayang,'' jelas Hirai, mengutip Independent, Rabu (25/10).

AIBO, yang pertama dilirs pada 2006, juga mampu menyapa penggunanya, menyanyikan lagu dan menari. Belum jelas apakah nama merek AIBO akan dibangkitkan saat robot anjing baru keluar pada 2017. Meski Sony telah membuat kembali banyak perangkat retro, termasuk Nokia 3310, Tamagotchi dan Nintendo SNES Classic.


Sumber: republika.co.id

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations