Sopir di Kendari Diedukasi Keselamatan Berlalu Lintas

SULTRAKINI.COM: KENDARI – PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tenggara bersama Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, Ditlantas Polda Sultra dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sulawesi Tenggara menggelar sosialisasi bersama tentang keselamatan berlalu lintas yang dirangkaian dengan penyerahan bantuan Jasa Raharja Berbagi kepada sejumlah sopir angkot di Terminal Angkutan Darat Baruga, Kota Kendari, Selasa (12/1/2021).

Kepada Cabang PT Jasa Raharja, Abubakar Aljufri, mengatakan edukasi ini dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman kepada pengemudi angkuatan umum tentang penting keselamatan berlalu lintas. Misalnya, bagaimana menggunakan kendaraan umum, penanganan kecelakaan lalu lintas, dan pemahaman terhadap rambu-rambu sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

“Makanya kami gandeng dari pihak Lantas, Perhubungan, terkait prasarana dan kepala balai bagaimana mengenai keselamatan jalur-jalur jalan raya,” ujarnya.

Selain sosialisasi, pihaknya membagikan bantuan sebagai kepedulian di tengah pandemi Covid-19.

“Bantuan yang kita berikan ini, berupa beras 5 kilogram, minyak goreng, gula, dan kebutuhan lainnya sebagai bentuk kepedulian kita pada sopir angkot di tengah pandemi. Totalnya 75 paket,” terangnya.

Menurutnya, angka kecelakaan lalu lintas menurun dari 2018, 2019, dan 2020. Hal ini nampak dari jumlah santuan yang pihaknya keluarkan dari Rp 23,8 miliar pada 2019 menjadi Rp 17,5 miliar pada 2020.

Kadis Dishub Sultra, Hado Hasina, mengatakan dalam berkendaraan, pengemudi angkutan umum harus mengutamakan keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan humanian. Khususnya memastikan para penumpang selamat selama dalam perjalanan.

Ditambahkannya, Provinsi Sultra hingga kini memiliki 12 terminal. “Jadi semestinya semua penumpang itu yang berangkat harus dari sini (terminal),” ucapnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.