Spesialis Pencuri Sapi di Konawe Diamankan Polisi

  • Bagikan
Kapolsek Wawotobi, Iptu Saftu Dirman. (foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Sektor (Satreskrim Polsek) Wawotobi, Kabupaten Konawe, mengamankan tiga spesialis pencuri sapi.

Kapolsek Wawotobi, Iptu Saftu Dirman menuturkan, ketiga tersangka yakni Mustafa (18), Mirlan (26) dan Andri (24). Penangkapan terjadi pada Senin (13/03/2017) sekira pukul 02.00 Wita.

Dijelaskannya, kronologis penangkapan bermula saat warga mencurigai sebuah mobil yang terparkir di Kelurahan Meluhu, Kecamatan Meluhu. Menurut warga, sebelumnya mobil terlihat terlihat mondar-mandir ketika malam hari, di sekitar kampung. Warga pun berinisiatif mendatangi sopir mobil, yakni Mustafa.

“Saat ditanya warga, Mustafa tidak bisa menjawab banyak. Warga pun lansung mengamankannya ke rumah Rata, Minggu malam (sekitar pukul 22.00 Wita). Di rumah itu Mustafa kembali dicecar terkait keberadaannya di kampung itu,” tuturnya, Senin (13/03/2017).

Saat sedang diinterogasi, tiba-tiba beredar kabar kalau seorang warga kehilangan sapi. Warga pun makin curiga dengan Mustafa dan kembali memakasanya untuk mengaku. Ia pun akhirnya mengakui kalau dirinya datang bersama dua orang rekanya untuk mencuri sapi.

“Warga kemudian menghubungi kami. Saat itu pun kami langsung turun ke lokasi dan langsung melakukan pencarian terhadap sapi yang hilang dan dua rekan Mustafa, yakni Mirlan dan Andri,” jelasnya.

Sapi yang hilang akhirnya ditemukan dalam keadaan pingsan sekitar 300 meter dari tempatnya diikat semula. Sedangkan dua tersangka lainnya, berhasil dibekuk sekira pukul 02.00 Wita.

Mantan Wakapolsek Wawotobi itu menjelaskan, modus yang dipakai para pencuri untuk melancarkan aksinya adalah dengan obat bius. Hewan curian dibius lalu diangkut ke dalam mobil rental untuk selanjutnya diberikan ke penadah.

“Saat ini ketiganya diamankan di sini (Mapolsek Wawotobi). Mereka dijerat dengan pasal 363 tentang pencurian ternak dengan ancaman lima tahun penjara.

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan