SSR Aisyiyah Muna Peringatkan Bahaya TBC Kepada Masyarakat

SULTRAKINI.COM: MUNA – Sub-Sub Recipient (SSR) Aisyiyah dibawah pembinaan Pengurus Daerah Aisyiyah Kabupaten Muna, ajak masyarakat sadar akan penyakit Tuberculosis (TBC).

Peringatan tersebut disampaikan pada peringatan Hari TBC sedunia yang diselenggarakan pada 26 Maret 2017. Masyarakat di minta waspada akan penyakit menular melalui udara saat seseorang terinfeksi  TB aktif misalnya sedang bersin, batuk sehingga menyebarkan butiran ludah ke udara. Termasuk mewaspadainya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kader Aisyiyah keliling ke rumah warga dan memberikan penyuluhan tentang TBC (menular), di mulai sejak tanggal 6 sampai dengan 19 Maret 2017,” kata Ketua SSR Aisyiyah Kabupaten Muna, Dra. Sitti Rabiah kepada SultraKini.com, Minggu (26/03/2017).

Sejumlah perlombaan pun dilakukan sembari melatih fisik para peserta. Lomba yang sempat diadakan seperti, senam jantung sehat, lomba ketuk 1.400 pintu oleh kader TB Aisyiyah dan mengunjungi rumah penderita TB kurang mampu.

Disisi lain, Ketua Pengurus Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Muna, Hj. Waode Zainab Hibi menuturkan, dalam rangka memperingati hari TB sedunia, tidak lain bersama rapatkan barisan untuk semua komponen masyarakat Muna, Pemerintah Daerah (Pemda), Organisasi Masyarakat (Ormas), serta Lembaga Swadayah Masyarakat (LSM) agar bekerja sama dalam menanggulangi penyakit TB di wilayah setempat.

“Agar penderita TB, menurun ke peringkat paling bawah,” ujarnya.

Kegiatan itu juga dihadiri unsur Muspida, Camat, Kelapa Puskesmas (Kapus), serta stakeholder.

Laporan: Arto Rasyid

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.