SUARA

Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Keluarkan Peringatan Waspada Gelombang Tinggi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) stasiun meteorologi maritim Kendari memperingatkan bagi para pelayar untuk mewaspadai gelombang tinggi yang membahayakan keselamatan pelayaran.

Stasiun meteorologi maritim Kendari menyatakan peringatan pelayaran berlaku 28 Oktober pukul 20.00 Wita hingga 1 November 2019 pukul 20.00 Wita.

Tinggi gelombang dengan frekuensi > 1.25-2.5 meter sehingga perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan bagi warga yang beraktivitas di pesisir laut.

yamaha

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar di area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada,” ucap Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari, Adi Istyono, Senin (28/10/2019).

Tidak hanya bagi masyarakat sekitar pesisir, sejumlah armada pelayaran juga perlu memperhatikan keselamatan pelayaran, seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, dan kapal ukuran besar seperti kargo/kapal pesiar.

“Perahu nelayan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter. Kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter, kapal feri, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter, kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter,” jelas Adi.

Laporan: Nely
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.