SULTRAKINI.COM: KENDARI - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Avicenna Kendari bakal dijadikan Pusat Study Asean (PSA) di Provinsi Sulawesi Tenggara. Hal ini, menyusul diagendakannya penandatanganan nota kesepahaman antara pihak kampus dengan Sekertaris Direktorat Jenderal Kerja Sama Asean Kementerian Luar Negeri, Ashariyadi pada 9 November 2017.

STIK Avicenna Kendari Bakal Menjadi Pusat Study Asean di Sultra
Ketua STIK Avicenna bersama Ketua PSA Sultra, Sri Damayanti. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

"Penandatanganan itu berkaitan dengan penelitian, pengkajian ilmiah, dan pengabdian pada masyarakat. Jadi itu bagian dari Tridharma perguruan tinggi, jadi intinya dari MoU sebenarnya tujuannya sebagai pusat studi Asean," jelas Ketua STIK Avicenna Kendari, Marzuki Hanafi Bantayan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/11/2017).

Di lain sisi kata dia, bentuk kerja sama untuk mendorong pengembangan STIK Avicenna Kendari menjadi Institut Pendidikan dan Teknologi Kesehatan. "Melalui kerja sama itu, kita minta dorongan untuk difasilitasi dengan perguruan tinggi negara-negara Asean untuk bekerjasama," tambah Marzuki.

Agenda kedatangan Ashariyadi tersebut, juga dirangkaian dengan pemberian kuliah umum kepada mahasiswa lingkup STIK Avicenna Kendari bertemakan "Asean 50, Capai dan Tantangan".

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Sri Damayanti, kesiapan tempat dan fasilitas lainnya sedang dilakukan pihaknya. Diharapkan, kegiatan bisa terselenggara dengan sukses mengingat momen tersebut untuk pertama kalinya dilakukan.

"Persiapan kita sejauh ini sudah sekitar 75 persen, baik ruangan maupun fitur-fitur lainnya tinggal dipasang. Peserta kuliah umum, kita prioritaskan tidak mengambil diluar, karena jumlah mahasiswa dan tenaga pengajar di sini cukup banyak melihat pesertanya juga terbatas jadi cukup disini saja," ucap Sri sekaligus Ketua PSA Sultra.


Laporan: Hasrul Tamrin

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations