SUARA

Stok Obat Buteng Aman 90 Persen Selama 2018

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Persediaan Obat di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara 90 persen aman dari kekosongan selama 2018. Stok obat terisi dari banyaknya sisa persediaan dari pembelanjaan tahun 2017 yang direalisasikan pada Desember lalu.

Kepala Seksi Kefarmasian Dinas kesehatan Buteng, Taufik mengatakan kepastian aman tersebut, dikarenakan perencanaan yang dilakukan oleh dinas, melebihi dari jumlah konsumsi obat masyarakat yang terdata selama ini. 

“Jadi pemakaian 2017 selama setahun kita rata-ratakan laporan pemakaian puskesmas. Untuk pengadaan obat kami siapkan untuk 18 bulan. Jadi enam bulan untuk stok, begitu perencanaan kita,” kata Taufik di ruang kerjanya, Kamis, (25/1/2018).

Walaupun tahun sebelumnya sempat terjadi kekosongan untuk jenis Asam Mefenamat dan Diazepam, namun dipastikan tidak terulang di 2018. ” Insya Allah 90 persen sudah aman,” tambah Taufik.

yamaha

Adapun penganggaran pengadaan obat tersebut berasal dari anggaran pusat, sementara daerah hanya merencanakan sesuai dengan kebutuhan.

“Tahun 2018 perencanaan kami itu sekitar Rp 1,5 miliar, mudah-mudahan juga bisa terealisasi semuanya,” terang Taufik.

(Baca juga: Dinkes Mubar Jamin Persediaan Obat Selama 18 Bulan)

Laporan: Ali Tidar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.