Strategi Merancang Human Capital untuk Perusahaan Agar Maksimal

SULTRAKINI.COM: Apa itu human capital. Sudah tahukah Anda? Human capital memiliki arti sebagai modal manusia. Biasanya kata tersebut ditemukan dalam perusahaan dan disingkat menjadi HCM. Perusahaan yang menerapkan hal tersebut merupakan langkah yang bagus untuk membuat hasil kerja perusahaan menjadi maksimal.

Human capital adalah nilai tambah dari perusahaan kepada para karyawannya setiap hari. Hal ini bisa dilakukan melalui efektivitas kerja dalam tim, kompetensi, motivasi, dan komitmen. Bisa dikatakan, konsep yang digunakan dalam human capital adalah melakukan investasi terhadap skill, pengetahuan, dan nilai perusahaan itu sendiri.

Strategi dalam Merancang dan Membangun Human Capital

Melihat pengertian dari human capital di atas, bisa dikatakan human capital adalah kekayaan akan pengetahuan, nilai keterampilan, dan nilai yang ada dalam manusia. Dengan kata lain, hal tersebut disebut sebagai evolusi dari konsep human resource. Nyatanya, dalam membangun hal itu dibutuhkan strategi agar lebih maksimal.

  1. Menetapkan Visi

Strategi pertama bisa Anda coba lakukan adalah dengan menetapkan visi. Hal ini membutuhkan pemahaman terkait perusahaan yang dibangun. Selain itu, sangat penting dalam memahami kendala dalam anggaran, visi perusahaan, dan kebutuhan tenaga kerja. Diharapkan strategi membuat human capital untuk mencapai arah yang pasti.

Caranya adalah dengan mengumpulkan data dan mendiskusikannya bersama-sama. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam menentukan visi sebuah organisasi yang sesuai dengan harapan dan manfaat dari human capital.

  1. Menetapkan Tujuan yang Jelas

Strategi yang kedua dari human capital yang bisa Anda coba lakukan adalah menetapkan tujuan yang jelas. Adanya tujuan tersebut membantu Anda dalam mengembangkan tujuan dari SDM dan meningkatkan efisiensi para karyawan. Selain itu, tujuan yang jelas membuat karyawan Anda merasa lebih terikat dengan organisasi.

Ada beberapa tujuan yang bisa Anda coba buat. Tujuan pertama berupa melakukan prioritas pelatihan untuk karyawan berpotensi. Tujuan kedua mengembangkan program terintegrasi. Selain itu, Anda bisa menetapkan tujuan untuk mempertahankan karyawan yang memiliki dedikasi tinggi.

  1. Rencana Implementasi Sempurna

Strategi selanjutnya dalam membangun human capital adalah membuat rencana implementasi yang sempurna. Rencana ini memiliki cakupan dalam langkah yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan rencana Anda terkait hal tersebut. Cara membuat rencana yang sempurna adalah dengan melakukan alokasi terhadap anggaran.

Anda juga bisa melakukan alokasi terhadap sumber daya dengan catatan bisa dipertanggungjawabkan. Anda juga harus membuat rencana penetapan tenggat waktu dalam melakukan implementasi tersebut untuk mencapai hasil sempurna.

Itulah tiga strategi bisa Anda coba lakukan ketika ingin membuat human capital dalam sebuah perusahaan atau organiasi. Sekarang, Anda sudah tahu apa itu human capital, bukan? Jadi, apakah Anda ingin menerapkan strategi di atas untuk mencapai hasil yang sempurna dan maksimal?

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.