Sukses Selenggarakan WP PTK XIII, IAIN Kendari Tuai Pujian

SULTRAKINI.COM : KENDARI – Penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) ke XII di Sulawesi Tenggara dinilai Sukses. Penyelanggara PW yang digelar sejak 16 hingga 22 mei 2016, Intitiut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Qaimudin Kendari tuai pujian dari sejumlah pihak.

 

Hal ini diungkapkan diantaranya oleh perwakilan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Amsal Bakhtiar, yang menilai pelaksanaan PWN PTK ke XII ini merupakan yang paling sukses dibandingkan penyelenggaraan kegiatan yang sama sebelumnya.

 

\”Kegiatan PW PTK kali ini, salah satu kegiatan yang tersukses, faktornya karena penyelelenggaraan kegiatan yang dipusatakan di Kota Kendari, yang selama ini jarang dikunjungi dan ditempati oleh event nasional. Olehnya itu menjadi pengalaman baru bagi para kontingen tiap daerah,\” ungkapnya, Minggu (22/5/2016).

 

Selain, kata Amsal Bakhtiar, dirinya mengapresiasi masyarakat Kota kendari, merupakan prestasi bagi pemerintah Provinsi Sultra yang turut mensukseskan pelaksanakan perkemahan ini.

 

\”Dengan kesuksesan penyelenggaraan perkemahan oleh IAIN Kendari, maka dalam pelaksanakan PW selanjutnya, kiranya perguruan tinggi lain sebagai penyelenggara dapat melaksanakan PW yang mampu bersaing dengan hasil yang dicapai IAIN Kendari,\” jelasnya

 

Meski demikian, pihaknya belum menetapkan perguruan tinggi yang akan melaksana PW kedepanya karena masih ada waktu 2 atau 3 tahun lagi. Sejauh ini, lanjut Amsal, perguruan tinggi yang melapor kesediannya baru pontianak dan samarinda.

 

Apresiasijuga dingkapkan Rektor Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis Riau, Prof. Samsul Nizar melalui perwakilan kontigen STAIN, Ardila Sari. Menurutnya, Rektor yang hadir mendampingi kontingennya bersama Wakil Rektor (WR) III Wira Sugiarto, mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan PW PTK ini.

 

\”Ini menjadi catatan tersendiri bagi STAIN Bengkalis Riau dalam ikut serta dalam memeriahkan PW PTK kali ini,\” kata Ardila Sari pada SULTRAKINI.COM.

yamaha

 

Di PW kali ini, STAIN Bengkalis Riau mengutus 10 peserta yang terdiri dari lima orang peserta putra dan lima orang peserta putri serta pimpinan dan pendamping kontingen masing-masing sebanyak dua.

 

Apresiasi atas kesuksesan pelaksanaan PW PTK ke XXI juga diungkapkan Ketua kwartir Daerah Provinsi Sultra, H.Irawan Laliasia. Menurut mantan Pelaksana Jabatan Sementara Bupati Konsel itu, pada awal pelaksanaan PW PTK ini, banyak pihak meragukan kesuksesan pelaksanaannya, namun jelang upacara penutupan, para perwakilan peserta akhirnya mengungkapkan pengakuannya pada kegiatan ini.

 

Ia melihat adanya pengembangan nilai keagamaan yang matang, sehingga tercermin dan terimplementasi kegiatan di pramuka tersebut.

 

\”Karena memang dalam pramuka itu salah satu prioritas pembinaan adalah pembinaan spritual, syariat-syariat agama yang sesuai dengan agama masing- masing\” tandasnya.

 

Harapanya peserta PW PTK dapat membuktikan potensi yang ia miliki dan berguna atas dari hasil tersebut, sehingga menjadi langkah strategis dalam pengambilan keputusan seorang peserta pramuka di kehidupanya bermasyarakat.

 

Selain itu, ia juga menjelaskan, dalam pelaksanaan PW PTK ini perbedaan antara seorang anak pejabat dan anak orang kaya pasti akan dihampus melalui kebersamaan dalam kegiatan perkemahan.

 

\”Lewat disinilah perbedaan tersebut dihilangkan sehingga kenampakkan antara yang mampu atau tidak, yang kuat dan yang lemah disini akan tidak nampak keberasalan mereka, hinga dipandang semua sama,\” ungkapnya.

 

Ia juga berharap apa yang didapatkan peserta selama ini dapat di implementasikan setibanya di daerah masing-masing.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.