000 HPN Prov

Sukses UAS Pakai Smartphone, MTsN 1 Kendari Harapkan Jadi Percontohan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – MTsN 1 Kendari sukses menggelar Ujian Akhir Sekolah (UAS) berbasis smartphone. Pihak sekolah berharap, langkah tersebut memotivasi sekolah lainnya untuk melakukan hal serupa berbasis smartphone.

“Proses ujian berbasis smartphone kami lakukan mengikuti perkembangan teknologi. Ini merupakan langkah pertama di Kendari, kami bisa menjadi percontohan bagi sekolah lain,” ujar Kepala MTsN 1 Kendari, La Duku, Senin (20/5/2019).

La Duku menjelaskan, proses ujian berjalan lancar dan aman. Meski awalnya dikhawatirkan terjadi pemadaman lampu saat ujian.

“Terkait signal, kami pastikan tidak ada masalah karena dalam satu ruangan menggunakan dua unit router dengan 32 siswa. Padahal saat simulasi, satu router bisa digunakan 30 siswa,” jelasnya.

Ujian dilakukan dalam dua sesi dengan total peserta 677 orang dari kelas VII dan kelas VIII. Kendati demikian, pihak sekolah menyediakan jadwal ujian susulan bagi siswa yang tidak hadir dengan alasan sakit.

“Hanya saja, siswa yang sakit harus didukung dengan alasan kuat untuk bisa mengikuti ujian sekolah. Artinya, harus dibuktikan dengan surat keterangan dokter,” ujarnya.

Ditambahkannya, sistem penilaian ujian dilakukan secara digital. Namun dilakukan setelah ujian berakhir agar siswa lebih fokus menghadapi ujian yang kurang lebih sepekan lamanya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.