Sukseskan Vaksin di Masyarakat, Kapolsek Onembute Inisiasi Agar Vaksin Setiap Desa 

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Demi suksesnya program vaksinasi pemerintah, dan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksin, Kapolsek Onembute merangkul Tim Vaksinasi Covid-19 untuk ‘Jemput Bola’ melakukan vaksinasi disetiap Balai Desa Se- Kecamatan Onembute, Kamis (10/6/2021).

Kapolsek Onembute, IPDA Syamsul Marlin mengatakan, proses pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan tahap awal ini sesuai dengan pembahasan bahwa untuk memudahkan masyarakat dan mempercepat proses vaksinasi dengan cara turun langsung ke masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

“Vaksinasi tahap pertama untuk Desa Silea ada sepuluh orang, sedangkan di Desa Kasumea terdapat 30 orang warga yang mengikuti vaksin dan ada juga yang di puskesmas sekitar 10 orang,” kata IPDA Syamsul Marlin kepada jurnalis SultraKini.com, Kamis (10/6/21)

Sebelum dilakukan vaksin, lanjut IPDA Syamsul, tiap-tiap kepala desa melakukan pendataan terhadap warga yang siap melakukan vaksin dan menyetorkan nama tersebut di Puskesmas, selanjutnya pihak Puskesmas bermohon ke Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe.  

“Jadi vaksin ini sesuai dengan jumlah data permintaan pihak puskesmas saja,” ujarnya.

Untuk menginisiasi agar warga dipermudah melakukan vaksin, pihak Kapolsek bekerjasama dengan pihak puskesmas dan telah kordinasi dengan pemerintah setempat untuk turun ke desa-desa melakukan vaksinasi 

“Saya melihat masyarakat kurang respon, akhirnya saya berinisiatif untuk mengajak pihak Puskesmas turun ke tiap desa untuk melakukan vaksinasi, selain memudahkan, juga tidak terlalu mebebani warga untuk datang lagi ke puskesmas,” terangnya.

Fasilitas yang disiapkan saat ke desa melakukan vaksinasi dengan menyediakan Ambulance, Obat-obatan, dan oksigen jika mana ada masyarakat membutuhkan.

“Kami melihat dari dua desa ini prosesnya sangat baik dan berjalan lancar, meskipun sebagaian masyarakat belum mau melakukan vaksin namun kami akan terus lakukan edukasi bagaiman manfaat vaksin,” jelas Polisi berpangkat Inspektur Polisi tingkat dua itu.

Kapolsek Onembute menambahkan, pada program ini untuk tahap awal vaksin diutamakan bagi kepala desa dan keseluruhan perangkat, serta relawan gugus Covid-19 di desa, kemudian berlanjut ke masyarakat umum.

“Sampai sekarang kita terus menunggu masyarakat untuk mendaftarkan dirinya melakukan vaksin. Tiap hari kami akan turun ke desa melakukan vaksinasi,” tuturnya.

Sindi Silviana (19), salah satu warga Desa Trimulya, Kecamatan Onembute yang bersedia divaksin dalam program ini mengaku siap menyukseskan program pemerintah dalam vaksinasi, apalagi ini sangat memudahkannya karena tidak perlu keluar daerah hanya untuk vaksin.

“Saya mau vaksin apalagi dapat sertifikat, karena biasanya setelah di vaksin dimudahkan kalau mau berpergian keluar daerah apalagi naik pesawat,” ucapnya.

Sindi juga bilang, awalnya sebelum mengikuti vaksin ini semprot ragu, karena kerap melihat berita atau informasi di media sosial tentang ada beberapa orang yang sampai meninggal dunia akibat vaksin, tapi itu tidak menyurutkan niatnya untuk vaksin semata-mata demi keselamatan.

“Awalnya takut, tapi percaya saja karena tidak mungkin pemerintah memberikan hal buruk kepada masyarakatnya,” jelasnya. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.