Iklan Clarion

Sulkarnain Dorong Pemkot Kerjasama Dunia Usaha Serap Pelajar SMK

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Wakil Ketua Kadin Sultra, Sulkarnain Kadir, mendorong kerjasama lebih erat antara Pemerintah Kota Kendari dengan dunia usaha terutama untuk pelajar sekolah menengah kejuruan dalam pengembangan sumber daya manusia maupun penyerapan tenaga kerja.

Menurut Wakil Ketua Kadin Bidang Keuangan dan Perbankan periode 2015-2020 ini, Kendari memiliki infrastruktur jalan, pelabuhan dan bandara yang bagus. Ditunjang dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih dari 10 persen, di atas rata-rata nasional yang hanya 6 persen.

“Swasta sebagai mesin penggerak ekonomi Kota Kendari, perlu berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia. Misalnya dengan memberikan beasiswa, CSR dan program kerja praktek,” ujar Calon Wakil Walikota Kendari nomor urut 2 pasangan Adryatma Dwi Putra ini.

Jumlah SMK yang tersebar di Kota Kendari kini mencapai 25 sekolah, 6 diantaranya sekolah negeri dan selebihnya sekolah swasta. Hampir semua jurusan life skill ada, mulai dari kesehatan, perikanan dan kelautan, pelayaran, komputer dan jaringan, teknik mesin, pertambangan, agribisnis, akuntansi dan perbankan, multimedia hingga tata busana.

Sulkarnain yang juga Komisaris Utama PT Brilian Mandiri Investa sekaligus direktur PT Mitra Mandiri Sejahtera Indonesia ini berharap, para pelajar SMK mendapat kesempatan lebih dengan adanya kerjasama erat pemerintah dengan dunia usaha. Sehingga ilmu terapan yang diperoleh dari sekolah dapat langsung diaplikasikan dalam dunia kerja.

“Akan lebih baik jika mampu menciptakan lapangan kerja sendiri dari ilmu yang mereka peroleh di sekolah dan praktek di pihak swasta tadi,” kata Sulkarnain, yang kini menjabat Ketua Umum Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI) Wilayah Sultra.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.