Sulkarnain Minta Pengurus Pramuka Ikut Kampanyekan Jaga Kebersihan Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Usai melantik dan mengukuhkan pengurus Kwartir Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Kendari Barat masa bakti 2018-2022, Jumat (12/10/2018), Pelaksana tugas (Plt) Walikota Kendari, Sulkarnain, meminta pengurus Pramuka agar ikut menjaga dan mengkampanyekan kebersihan Kota Kendari khususnya dilingkungan sekitar.

Selaku Ketua Kwarcab Kota Kendari, dirinya berharap aktivitas kepengurusan khususnya Kwartir Ranting Kendari Barat lebih aktif lagi sehingga program kerja yang dilaksanakan bisa dirasakan oleh masyarakat. Utamanya pengurus harus mampu bersinergi serta berkomunikasi dengan berbagai pihak, sehingga pada kegiatan selanjutnya, katanya tidak hanya diikuti pengurus pramuka tapi juga melibatkan masyarakat.

“Mudah-mudahan setelah dilantik hari ini, pengurus langsung bekerja dan bisa menyusun kegiatan, tentunya melibatkan masyarakat agar kegiatannya bisa lebih variatif,” ucap Sulkarnain usai pengukuhan.

Salah satu contohnya, kata Sul sapaan akrab Sulkarnain, seperti, bagaimana menggalakkan kebersihan di lingkungan lebih ditingkatkan. Mengingat wilayah Kecamatan Kendari Barat banyak terdapat kali-kali maupun sungai yang harus tetap dijaga kebersihannya. Karena seringkali dimusim penghujan menjadi pemicu terjadinya genangan air yang menyebabkan banjir.

“Jagan hanya ketika musim hujan kita perhatikan, justru disaat seperti ini (Musim kemarau, red) kita sudah mulai membenahi dan persiapkan, sehingga ketika masuk musim penghujan kali-kali kita ini tidak meluap,” tegas Sulkarnain.

Sementara itu, Ketua Kwartir Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Kendari Barat, Saidin Siho, yang juga Camat Kendari Barat, mengatakan bakal segera mengadakan rapat koordinasi bersama pengurus lainnya untuk segera penyusunan program-program.

“Terutama itu, sesuai saran Plt bagaimana kita mendukung kegiatan bersih kota. Pasalnya, wilayah Kandari Barat banyak dialiri kali, sehingga harus tetap dijaga kebersihannya,” ucapnya.

Sebenarnya, sambung Sahidin, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan beberapa pihak terkait aksi bersih-bersih kali maupun lingkungan di wilayah Kendari Barat guna mencegah terjadinya luapan kali ketika musim penghujan turun.

“Mudah-mudahan dengan pramuka kita bisa berpartispasi untuk bersama-sama mendukung program bersih lingkungan Kota Kendari melalui gerakan pramuka,” harapnya.

Perlu diketahui pengurus Kwartir Gerakan Pramuka Kendari Barat kurang lebih 100 orang, yang terdiri dari Kepala sekolah tingkat, SMA, SMP, maupun SD dan Lurah dilingkup wilayah Kecamatan Kendari Barat.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.