Iklan Clarion

Sulkarnain: Pemkot Dorong Perbankan Permudah Kredit bagi Pelaku UMKM

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra, Sulkarnain Kadir, getol mendorong Pemerintah Kota Kendari memperhatikan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Salah satu idenya, Pemkot harus mendorong lembaga keuangan seperti perbankan, untuk mempermudah akses bagi pengusaha UMKM.

Menurut Sulkarnain yang juga Komisaris Utama PT Brilian Mandiri Investa ini, UMKM adalah simbol kemandirian suatu daerah. Karenanya, perlu dukungan pemerintah tidak hanya dalam hal perizinan, namun juga untuk permodalan.

Apalagi, kata calon Wakil Walikota Kendari nomor urut 2 pasangan Adryatma Dwi Putra ini, pemerintah pusat sudah membuat skema Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sehingga tugas Kadin dan pemerintah daerah, tinggal mendorong agar pelaku UMKM memiliki keberanian dan memenuhi syarat sebagai kreditur.

“Kadin siap memberikan pelatihan bagi pengusaha yang pertama kali ingin mengambil kredit perbankan dan pengelolaan dana perbankan untuk pengembangan usaha,” kata Wakil Ketua Kadin Sultra Bidang Keuangan dan Perbankan, Sulkarnain Kadir.

Selain itu, pemerintah daerah harus meningkatkan sampai empat kali lipat modal Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Kredit Mikro, untuk kredit Rp 500 ribu hinggs Rp 5 juta. Sehingga nasabah BLUD bisa bertambah dari 8 ribu menjadi 20 ribu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.