SUARA

Sultan Buton Lantik Lakina Barata Kahedupa

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Sultan Buton ke-40, Dr. H. La Ode Muhammad Izat Manarfa M.Sc melantik La Ode Saidi sebagai Lakina Barata Kahedupa atau Kepala wilayah Kaledupa di Baruga Benteng Barata Kahedupa, Desa Ollo Selatan, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sabtu (17/9/2006).

Pelantikan Lakina yang berprofesi sebagai guru di SMP 1 Kaledupa ini, berdasarkan keputusan Sultan Buton ke-40 Nomor. S-01/ RAKB/ 90/2016. Lakina La Ode Saidi menggantikan mendiang Lakina sebelumnya, La Ode Muslimin yang telah mangkat.

Dalam sambutannya, La Ode Muhammad Izat Manarfa mengungkapkan, dirinya menitipkan harapan yang besar pada Lakina yang baru, agar senantiasa menjunjung tinggi nilai tradisi dan kebudayaan sarana yang ada di Wakatobi khususnya di kaledupa, yang sama dengan melestarikan adat dan tradisi Buton.

yamaha

“Salah satu tugas Lakina Kaledupa adalah membantu Bupati dengan tradisi kita untuk mendukung pemerintahan dan keselamatan masyarakat yang maju perekonomianya,” Kata Sultan Buton ke 40.

Menurutnya, kemajuan dan kedamaian masyarakat dalam segi ekonomi maupun pembagunan masyarakat merupakan suatu keberhasilan sarana (Lakina) yang ada dan harus disumbangkan kepada Bupati dalam hal ini Pemerintah Wakatobi.

Ia, juga menekankan kepada Lakina agar menjunjung tinggi filosofi kesultanan Buton “Bolimo Karo Somanomo Lipu”. “Jadi kita berjuang untuk kemajuan Daerah kita,” pesannya.

Pelantikan ini juga merupakan bagian dari pelaksanaan Festival Barata Kaledupa 2016 yang dilaksanakan 17 hingga 24 September 2016. 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.