Sultra Kebagian 3000an Kuota CPNS 2018

  • Bagikan
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tenggara, Nur Endang Abbas. (Foto: Nur Cahaya/SULTRAKINI.COM)
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tenggara, Nur Endang Abbas. (Foto: Nur Cahaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan 3.000an kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Khusus lingkup provinsi sebanyak 133 dari berbagai disiplin ilmu sedangkan kuota di kabupaten dan kota berkisar 100-400an formasi menyesuaikan dengan kebutuhan.

“Ada sekitar 3000an kuota CPNS untuk formasi provinsi dan 17 kabupaten/kota, minus Kota Baubau yang sedang menunggu tanda tangan penetapan dari Kemenpan,” jelas Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sultra, Nur Endang Abbas di ruang kerjanya, Senin (10/9/2018).

Usulan formasi CPNS, lanjutnya, merupakan hasil analisis kebutuhan dan prioritas pembangunan. Peraturan Kemenpan, terdapat sejumlah syarat kuota yang diporsikan, yakni 5 persen untuk kumlaud, 1 persen disabilitas, K2 guru, dan medis yang memenuhi syarat.

“Untuk provinsi yang paling banyak ada di rumah sakit, yaitu Bahteramas dan rumah sakit jiwa,” jelas Endang.

Seleksi CPNS diawali dengan tes kompetensi dasar, kemudian tes kompetensi bidang dan hanya diikuti tiga kali jumlah formasi yang ditetapkan. Ada pula tes praktek kerja.

“Tes praktek kerja lebih ke pendalaman kompetensi bersangkutan,” tambah Endang.

Dalam data BKN pusat, sebanyak 238.015 yang terdiri dari 51.271 instansi pusat (76 kementerian/lembaga) dan 186.744 (525 instansi daerah) akan diperebutkan para pelamar.

Pembukaan pendaftaran CPNS dimulai 19 September 2018.

Laporan: Nur Cahaya
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan