SUARA

Sultra Paling Aktif Mengutang ke Pemerintah Pusat

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Adanya fasilitas pinjaman dana negara untuk pemerintah daerah, ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah daerah (Pemda) di Sultra. Jumlah pinjaman untuk pemerintah daerah di Sultra melalui PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) telah mencapai Rp1,53 Triliun lebih.

Direktur Pengembangan Proyek dan Jasa Konsultasi PT.SMI, Darwin Trisna Djaja Winata menuturkan, sejak pinjaman masih dikelola Pusat Investasi (PIP), hingga melebur ke PT. Sarana Multi Infrastruktur, pihaknya telah menggelontorkan dana pinjama sebesar Rp2,4 T. Dari jumlah tersebut, pinjaman yang diberikan untuk Pemda di Sultra mencapai 64 persen atau senilai Rp1,53 T lebih.

yamaha

“Jadi Pemda di Sultra adalah adalah yang paling aktif memanfaatkan fasilitas pinjaman ini,” jelasnya.

Direktur salah satu BUMN itu, tidak mengurai secara detai daerah yang mana saja yang melakukan peminjaman. Namun kata dia, salah satunya adalah Pemda Konawe, dengan nilai Pinjaman sebanyak Rp231,9 M lebih. Dana tersebut dilakukan untuk pembangunan RSUD Kabupaten.

Sebagaimana diketahui, daerah lain yang sebelumnya pernah meminjam dana ke PIP adalah Pemprov Sultra yang juga untuk membangun RSU Bahteramas. Selain itu, Kota Kendari juga pernah meminjam ke PIP dalam rangka membangung pasar sentral kota.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.