Sultra Siap Siaga Bencana 2020, Kapolda Sultra Cek Personel dan Peralatan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam mengecek perlengkapan dalam tanggap bencana pada Apel Kontinjensi Operasi Aman Nusa II. Apel ini turut diikuti jajaran pemerintahan, TNI-Polri, Basarnas, BPBD, Tagana, Damkar, paramedis, relawan, dan masyarakat di Mako Brimob Polda Sultra, Kamis (9 Januari 2020).

Apel Kontinjensi Operasi Aman Nusa II merupakan upaya pemda dan stakeholder dalam siapsiaga wilayah Sultra dari bencana alam 2020. Untuk itu, kesiapan alat maupun personel dilakukan agar kapan pun bencana datang, personel telah siap dan siaga.

“Tentunya kita berharap Sultra tidak terjadi bencana alam, namun jika terjadi sesuatu-seluruh unsur TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat telah siap untuk menghadapi bencana,” jelas Brigjen Merdisyam, Kamis (9/1/2020).

Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam mengecek perlengkapan dalam antisipasi bencana, Kamis (9/1/2020). (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)

Merdisyam menjelaskan, kalau personel tergantung situasi dan keadaan, secara keseluruhan dalam situasi sekarang ini operasi penanggulangan bencana berarti kesiapsiagaan untuk seluruh personel serta instansi.

Kampus

“Mengacu pada 2019, terjadi banjir, tanah longsor, angin puting beliung. Ada empat daerah yang menjadi prioritas Konawe Utara, Konawe, Kolaka, dan Kendari,” terang Kapolda.

Sejauh ini, kata dia, belum ada korban jiwa atas bencana di 2020. Namun, sejumlah kerusakan hingga menimbulkan kerugian material banyak terjadi di sejumlah daerah akibat puting beliung di awal Januari 2020.

“Untuk kesiapsiagaan kita sudah siap jika sewaktu-waktu diminta untuk mengirim bantuan serta sarana prasarana kita sudah siap,” tambahnya.

Untuk diketahui, Danrem turut menyampaikan akan ada pelaksanaan gladi posko guna kesiapsiagaan bencana.

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.