Sultra Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2021

  • Bagikan
Foto bersama pengurus Desan Pers, PWI Sultra, dan Kadis Kominfo Sultra, Syaifullah. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dewan Pers bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat akhirnya menetapkan Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) pada 2021.

Sultra ditetapkan sebagai tuan rumah melalui rapat koordinasi penentuan penyelenggara HPN 2021 yang dipimpin Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari, Ketua Dewan Pers Muh Nuh, dan Ketua Panitia HPN 2020 Auri Jaya.

Rapat tersebut juga dihadiri para kadis Kominfo, kadis Pariwisata, ketua PWI Daerah se-Indonesia serta pengurus Dewan Pers dalam rangka persiapan HPN pada 9 Februari 2020 di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kadis Kominfo Sultra, Syaifullah, mengatakan situasi rapat koordinasi cukup alot dalam menentukan HPN 2021 karena beberapa daerah seperti Provinsi Sumatera Selatan, Riau, Sulawesi Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, dan daerah lainnya saling memaparkan potensi wilayah masing-masing.

“Seperti biasanya, setiap HPN ada acara khusus, yaitu seminar investasi dan bisnis. Alhamdulillah setelah dua hari rakor hasilnya diputuskan untuk 2021 HPN ditetapkan di Sultra,” jelasnya dalam rilis yang diterima Sultrakini.com, Jumat (10/1/2020).

Ketua Panitia HPN 2020, Auri Jaya, menerangkan seminar investasi dan bisnis akan menghadirkan hampir seluruh kementerian dan lembaga. Biasanya yang hadir para menteri untuk membahas program OPD penyelenggara HPN dalam bentuk proposal sehingga setiap daerah yang sebagai penyelenggara HPN-hasilnya tahun depan akan mendapatkan kucuran anggaran dari pusat berdasarkan proposal setiap OPD tersebut.

Beberapa provinsi yang mendapatkan kucuran anggaran dari pusat, yakni Provinsi Maluku penyelenggara HPN pada 2017 memperolah Rp 17 triliun, Provinsi Sumatera Barat pada 2018 sebesar Rp 24 triliun, Provinsi Jawa Timur pada 2019 sebesar Rp 31 triliun.

“Inilah bentuk kontribusi HPN terhadap tuan rumah penyelenggara HPN,” ujar Auri Jaya.

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan