SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT - Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menempati peringkat kelima dari 17 provinsi indeks kerawanan pemilu oleh Bawaslu RI pada 28 November lalu.

Sultra Urutan Kelima Tingkat Kerawanan Pemilu 2019
Ilustrasi. (Foto: Google)

Tingkat kerawanan pemilu di Sultra termasuk kategori sedang dengan skor 2,81 yang mencakup dimensi penyelenggara, kontestasi, dan dimensi partisipasi.

Menurut Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu, menanggapi potensi kerawanan itu pihaknya melakukan langkah strategis merubah zona merah menjadi zona hijau, di antaranya memaksimalkan koordinasi dengan KPUD Sultra dan menyampaikan sejumlah titik rawan penyelenggaraan untuk diantisipasi bersama, penguatan kapasitas penyelenggara khususnya tingkat panwas sampai ditingkat bawah.

"Selain itu juga memanfaatkan kemajuan IT untuk membentuk jaringan, agar semua orang yang terhubung bisa aktif mengawal pilkada dan pemilu," kata Hamiruddin, Sabtu (23/12/2017).

Selain itu, dia menilai dengan membangun koordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti organisasi masyarakat, partai politik, perguruan tinggi, Pemda, aparat kepolisian, dan sebagainya akan membantu mencegah potensi kecurangan selama penyelenggaraan tersebut.


Laporan: Akhir Sanjaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations