Festival Pesona Budaya Tua Buton

Sumpah Palapa Jadi Acuan Peringati Harkenas ke 111

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten Buteng Tengah menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkenas) ke 111 di halaman kantor bupati, Senin (20/5/2019). Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Buteng, Samahuddin.

Dalam upacara tersebut, Bupati Buteng membacakan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara. Katanya Harkenas ke 111 yang mengusung tema “Bangkit Untuk Bersatu” kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks yang tertuang dalam naskah Sumpah Palapa yang ditemukan di Kitab Pararaton.

Hal ini disebabkan, saat ini Indonesia berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat, karena pilihan yang berbeda-beda yang akan mengoyak persatuan sosial jika dipertajam.

“Alhamdulillah, sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar,” tutur Bupati Buteng Samahuddin saat membacakan sambutan.

“Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita membuktikan bahwa
mampu menjaga persatuan sampai detik ini,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, kata Samahuddin, tak diragukan lagi Indonesia pasti akan mampu bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia.

“Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan,” ucapnya

Laporan: Ali Tidar
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.