Surunudddin: Memimpin Kendari Butuh Wawasan dan Terobosan, Bukan Hanya Pengalaman

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, yang diwawancarai SULTRAKINI.COM beberapa waktu lalu mengulas pandangannya mengenai calon walikota dan wakil walikota pengganti Asrun-Musaddar, untuk periode 2017-2021.

Menurut dia, wawasan berpikir dan terobosan pemimpinnya yang dibutuhkan untuk membangun Kota Kendari ini. Tidak hanya mengandalkan pengalaman yang monoton. Sebab daerah ini membutuhkan kesinambungan program pembangunan dengan pemerintahan sebelumnya, agar berkembang lebih baik. 

Secara fisik, kata Surunuddin, Kota Kendari sudah hampir paripurna. Kompleksifitas persoalan dalam kota juga sudah teratasi satu demi satu. Tinggal menata pelayanan pemerintah bagi masyarakat, terutama kebutuhan paling penting seperti air bersih, kesehatan dan pelayanan publik.

“Keberhasilan suatu daerah tidak cukup hanya diciptakan dalam jangka pendek, 10 tahun misalnya. Daerah yang maju itu harus secara kesinambungan program pembangunannya. Kalau bongkar pasang (program) itu sama kita memulai baru,” katanya.

Dia mencontohkan pembangunan Mall Mandonga Kendari, tanah Pemda tersebut dimiliki swasta selama berahun-tahun tanpa hasil bagi pemerintah kota. Ini merupakan kekeliruan pemerintah kala itu.

Surunuddin lantas membandingkan Pemkot saat ini, yang membangun pasar sentral kota tanpa keterlibatan swasta. Hasilnya, kini dimanfaatkan masyarakat dan Pemkot menikmati hasilnya sebagai pemasukan daerah. “Membangun kota harus cerdas,” tegasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.