SUARA

Survei Disagregasi PMTB Diharapkan Bantu ‘Pekerjaan Rumah’ Pemda Konsel

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Sosialisasi kegiatan survei penyusunan disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) 2018, digelar Badan Pusat Statistik Konawe Selatan, Senin (23/4/2018). Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah Konsel, Sjarief Sajang didampingi Kepala BPS Konsel, Sjarief Sajang.

Sosialisasi turut dihadiri kepada desa, camat, dan kepala dinas lingkup Pemda Konsel.

Pertemuan tersebut juga membahas survei pertanian antar sensus tahun 2013-2023, seperti produksi pertanian, hortikultura tanaman pangan, peternakan, perikanan, dan pendataan potensi desa yang menyangkut bidang pertanian. Termasuk administrasi desa dan kepegawaiannya mulai 2-31 Mei mendatang.

yamaha

“Pemerintah terus mengupayakan pemenuhan atas keterpaduan, keakuratan, kemutakhiran data dalam kegiatan statistik, baik dasar sektoral maupun khusus dalam rangka perencanaan pembangunan nasional khususnya, pembangunan sistem rujukan informasi statistik nasional pada umumnya,” kata Sjarief Sajang.

Langkah memenuhi tujuan itu, yakni koordinasi, kerja sama, dan pembinaan terhadap masyarakat. Bila hasil survei tercapai, pemerintah setempat tidak kesulitan lagi mengevaluasi kontribusi investor dalam capaian pembangunan, serta perbandingan antar periode.

“Selama ini, data PMTB belum tersedia secara detail, karena secara nasional baru disajikan menurut 6 jenis barang modal, belum memberikan informasi siapa yang melakukan di lapangan usaha/sektor institusi mana dan dalam bentuk apa. Diharapkan para peserta sosialisasi membantu dan bekerjasama dengan BPS dengan memberikan data yang valid,” jelasnya.

 

Laporan: Adryan Lusa

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.