Survei Parameter: Pasangan Surunuddin-Rasyid Jauh Meninggalkan Dua Penantangnya

  • Bagikan
Direktur Eksekutif Parameter, Ras Md, (Foto: Ist)
Direktur Eksekutif Parameter, Ras Md, (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM:KENDARI – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) diikuti oleh tiga pasangan calon yaitu nomor urut 01 Rusmin Abdul Gani-Senawan Selondae (RAG-Senawan), nomor urut 02 Surunuddin Dangga-Rasyid (Suara) dan nomor urut 03 Muhammad Endang-Wahyu Ade Pratama Imran (Ewako).

Ketiga pasangan kandidat tersebut terus bermanuver untuk meraih simpati masyarakat. Eskalasi politik menjelang hari pemilihan makin kuat. Berdasarkan hasil survei Parameter Paslon Suara menduduki posisi teratas.

Direktur Eksekutif Parameter, Ras Md mengatakan hingga saat ini posisi dukungan atau elektabilitas Surunuddin-Rasyid masih memimpin posisi teratas dari tiga pasang kandidat yang bertarung di Konsel.

“Selisih pasangan petahana dengan penantang masih sangat jauh. Di atas 40%. Selisih yang tergolong tinggi ini sangat sulit terkejar disisa waktu yang ada,” Katanya dalam pres rilis yang diterima SULTRAKINI.COM, Selasa (17/11/2020).

Ia katakan, ada hal yang menarik posisi dukungan di kelompok penantang. Dikelompok bawah ini dua kompetitor petahana antara pasangan RAG-SS dengan pasangan Ewako sangat kompetitif. Walaupun posisi RAG-SS masih di bawah pasangan Ewako.

Selain itu, pihaknya juga menemukan jika pergerakan pasangan nomor urut 01 sangat progresif daripada pasangan nomor urut 03. Itu ditandai dengan lompatan elektabilitas pasangan RAG-SS lebih tinggi daripada pasangan Ewako dalam kurun waktu satu bulan. 

“Ya, trend dukungan pasangan RAG-SS jauh lebih baik daripada pasangan Ewako di kelompok penantang. RAG-SS naik sekitar 4 %, sedangkan EWAKO hanya 2 % saja. Kalau saja pasangan nomor urut 01 ini konsistensi pergerakannya terjaga dengan baik, kami sangat yakin ia bisa melampaui pasangan Ewako disisa waktu yang ada,” jelas Ras Md.

Lebih lanjut ia jelaskan, ada tiga faktor mengapa lompatan elektabilitas RAG-Senawan lebih baik dari Ewako. Faktor pertama, pasangan RAG-Senawan dipersepsi lebih dekat dengan masyarakat daripada pasangan Ewako. 

Faktor kedua, tagline Bangun Kampung lebih disukai public daripada tagline New Konsel atau Konsel Baru. Faktor ketiga, Asosiasi Putra daerah Konsel lebih kuat ke pasangan RAG-SS daripada pasangan Ewako.

“Tiga faktor besar inilah yang membuat lompatan elektabilitas pasangan RAG-Senawan tergolong sangat baik daripada pasangan Ewako,” tandasnya. (C)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan