Survei: Potensi Dukungan Pemilih Terhadap Berani-SB Unggul dari SMS-Berjaya

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Jurnal Survei Independen (JSI) merilis pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka, Asmani Arif-Syahrul Beddu (Berani-SB), unggul dari paslon Ahmad Safei-Muh. Jayadin (SMS-Berjaya).

Menurut Peneliti JSI, Sumadi Dilla, survei tersebut berdasarkan data terbaru untuk berbagai survei yang masuk di Kolaka dan tidak memihak pada salah satu calon. Survei tersebut, menyasar masyarakat wajib pilih yang terdaftar di KPU berusia 17 tahun ke atas atau telah menikah pada Pilkada Kolaka 2018 dengan sampel responden meliputi 12 kecamatan dengan 859 responden.

“Kami adalah lembaga yang melakukan hasil survei terbaru dari semua lembaga yang melakukan survei. Kami tidak memihak pada salah satu calon, tidak dibiayai oleh calon manapun, survei dilakukan pada tanggal 8 sampai 11 Juni 2018,” kata Sumadi, Jumat (22/6/2018).

Dalam surveinya diperoleh, paslon Berani-SB berpotensi memperoleh dukungan pemilih 36,6 persen. Sementara paslon SMS-Berjaya berpotensi peroleh dukungan pemilih 33,4 persen.

yamaha

“Selisih angka persentase tersebut agak sulit untuk berubah atau dikejar dalam hitungan hari pelaksanaan Pilkada Kolaka,” ujar Sumadi.

Tingkat toleransi kesalahan atau margin error pada survei tersebut, sekitar 3,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Dalam survei juga menemukan penyebaran basis wilayah pemilih tertinggi masing-masing calon berbeda. Berani-SB, meliputi Kecamatan Kolaka, Latambaga, Watubangga, Solo, Iwoimenda, dan Kecamatan Toari. Sedangkan SMS-Berjaya, seperti Kecamatan Pomalaa, Wundulako, Samaturu, Baula, Polinggona, dan Kecamatan Tanggetada.

“Survei ini juga mengukur potensi tingkat partisipasi pemilih sekitar 85,7 persen. Demikian juga persepsi tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Bupati Kolaka calon petahana 62,2 persen, namun terdapat tren perilaku pemilih mengabaikan persepsi kepuasan publik. Survei ini dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah maupun secara metodologis,” ucapnya.

 

Laporan: Mirwan
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.