Survei SDI: Unggulkan Ahmad Syafei-Jayadin 50,45 Persen di Pilkada Kolaka

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Lembaga survei Sinergi Data Indonesia (SDI) unggulkan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kolaka nomor urut  1 Ahmad Syafei– Muhammad Jayadin pada Pilkada Kolaka dengan elektabilitas mencapai 50,45 persen.

Sementara pesaingnya, Cabup dan Cawabup nomor urut 2, Asmani Arif – Syahrul Beddu memperoleh elektabilitas 24,32 persen.

Dan responden yang merahasiakan pilihanya atau belum menentukan pilihan sebesar 25,23 persen.

Hal ini disampaikan Peneliti SDI Viki Hamzah melalui Konferensi persnya di salah satu Hotel Kendari, Rabu (20/6/2018).

Responden dipilih, sambung viki dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi orang dewasa di Kabupaten Kolaka yang berusia 17 tahun atau sudah menikah.

“Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka secara langsung menggunakan kuesioner. Selain itu dari perbandingan karakteristik demografis yang terpilih, terlihat bahwa responden survei mirip dengan populasi secara keseluruhan,”katanya.

Masih Vik,i ia mengulas,bahwa hasil survei yang dilakukan, ada beberapa kesimpulan yang dirampunkan yakni melalui elektabilitas head to head, Ahmad Syafei – Muhammad Jayadin sebesar 50.45 persen tampak sangat populer dibanding Asmani Arif – Syahrul Beddu yang hanya memperoleh 24.32 persen.

Kemudian, lanjutnya dari survei  menginginkan publik kolaka ingin Bupati berpengalaman mencapai 52.50 persen dibanding bupati baru memperoleh hanya 20.45 persen.

“Jadi hasil survei, sangat jelas bahwa sekitar 97,84 persen publik menginginkan bupati yang berpengalaman dengan segala kompetensinya dan elektabilitasnya mampu menyelesaikan  berbagai persoalan di Kabupaten Kolaka saat ini,” ungkapnya.

Selain itu, Viki mengatakan, dilihat pada potret  dari hasil tingkat kepuasan kinerja Ahmad Syafei – Muhammad Jayadin sangat tinggi, yaitu sekitar 70 persen. Publik Kolaka memberikan penilaian positif dari berbagai kondisi infrastriktur  pembangunan dan pelayanan umum Kabupaten Kolaka saat ini kepada Syafei dan Jayadin.

Ditambahkan Viki, dilihat pada prilaku pemilih ada sebesar 63.86 persen pemilih di Kabupaten Kolaka adalah pemilih rasional berdasarkan berpengalaman dan berprestasi.

Dimana Ahmad Syafei – Muh Jayadin memperoleh 50.53 persen  sedangkan Asmani Arif – Syahrul Beddu 25,98 persen. Jadi kesimpulan lembaga SDI terhadap elektabilitas Ahmad Syafei – Muh Jayadin unggul lebih dari 50 persen.

“Data tersebut diperoleh berdasarkan pengumpulan data sampling dilakukan pada periode 27 hingga 31 Mei 2018, survei dilaksanakan serentak di 12 Kecamatan seluruh wilayah Kabupaten Kolaka dengan jumlah resmponden 440 orang dengan margin of error sebesar 4,77 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” tambahnya

Laporan:La Ismeid
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.