Iklan Clarion

Survey BSI, Mayoritas Masyarakat Muna Barat Inginkan Rajiun Jadi Bupati

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pada pemilihan kepala daerah di Kabupaten Muna Barat yang akan berlangsung pada Februari 2017 mendatang, pasangan Calon Bupati dan  Wakil Bupati La Ode M. Rajiun Tumada-Ahmad Lamani sangat berpeluang memenangkan pemilihan untuk memimpin di Kabupaten baru di Sulawesi Tenggara tersebut.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Barometer Swara Indonesia (BSI) mayoritas masyarakat di Muna Barat sebanyak 81,7 % masih menginginkan Rajiun untuk menjadi Bupati. Hal tersebut didahului dengan mengukur tingkat keterkenalan dan kesukaan masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Tingkat keterkenalan masing-masing kandidat bisa dipastikan dikenal masyarakat Muna Barat lebih dari 75 %.

Pilkada Muna Barat seperti kita ketahui sesuai dengan ketetapan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muna Barat hanya diikuti oleh dua pasangan calon kepala daerah, sehingga lebih mudah memetakan arus dukungan, jika tidak memilih pasangan La Ode M. Rajiun Tumada-Ahmad Lamani (Rahmatnya Mubar) maka sudah pasti akan memilih La Ode M. Ihsan Taufik Ridwan-La Nika (Insani).

Elektabilitas pasangan La Ode M. Rajiun Tumada-Ahmad Lamani dalam menghadapi pilkada Muna Barat mencapai 77,3 % disusul pasangan La Ode M. Ihsan Taufik Ridwan-La Nika yang elektabilitasnya hanya 14,1 %. dari 440 responden tersebut sebanyak 8,6 % belum menentukan pilihan.

Faktor semakin berkurangnya presentase belum memutuskan jelang pemilihan membuat tingkat partisipasi pemilih semakin meningkat, data menunjukkan semakin hari masyarakat semakin antusias memberikan hak demokrasinya, hal ini tidak bisa dipisahkan dengan kerja dan kinerja pelaksana.

“Yang menjadi inti adalah strategi komunikasi dari masing-masing pasangan calon yang akan menentukan kedepan siapa yang akan terpilih oleh sebagian besar masyarakat Muna Barat, terutama persoalan track record, pengalaman, serta program yang akan dilakukan menjadi kunci utama dalam memimpin,” pungkas Direktur Eksekutif Barometer Swara Indonesia, Baso Affandi, SH saat dikonfirmasi Senin (07/10/2016).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.