SULTRAKINI.COM: BUTON - Sebanyak 83 desa di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, dalam waktu dekat akan menerima dana desa (DD) tahap dua yang akan ditransfer ke rekening masing-masing desa melalui kas daerah. Hal itu lebih cepat dari tahun kemarin mengalami keterlambatan hingga 30 Desember 2016.

Tahap II DD Buton Bakal Cair Minggu Ini
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Buton, Alimani. (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)

"Dana desa tahap dua ini, Insya Allah minggu bulan ini sudah masuk ke rekening desa, karena informasi dari BPKAD itu pada 27 November kemarin, dananya sudah ada di kas daerah," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Buton, Alimani, saat dikonfirmasi, Senin (4/12/2017).

Dengan demikian, Alimani optimis pengajuan laporan dana desa untuk tahap satu tahun 2018 akan tepat waktu. Sebab idealnya, laporan sudah harus dimasukan pada awal Maret atau April untuk pencairan tahap selanjutnya sesuai laporan keuangan pada tahun sebelumnya. Itu juga dikarenakan dengan semakin baiknya sistem pelaporan keuangan desa, apalagi saat ini pihaknya sudah melakukan pelatihan mengenai aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) kepada para kepala desa.

"Tahun 2017 kemarin memang saya harus jujur katakan pencairan dana desa inikan kita mendapat perhatian khusus karena keterlambatan itu," ujarnya.

Mengenai total anggaran yang akan dicairkan pada tahap dua nanti, dirinya tidak tahu pasti. Namun, setiap desa akan menerima dana berkisar Rp 500 juta hingga Rp 800 juta.

"Dana Desa inikan satu tahun dua kali pencairan, tahap satu sebesar 60 persen, tahap dua 40 persen, kalau kisarannya itu tahap dua sebesar 500 sampe 800 juta setiap desa," tandasnya.

(Baca juga: Bhabinkamtibmas Ikut Awasi Realisasi DD Setiap Desa di Buton)


Laporan: La Ode Ali

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations