SULTRAKINI.COM: Masa depan yang serba tidak pasti sering bikin kita bertanya-tanya. Sebenarnya apa yang bakal terjadi 5 tahun mendatang? 1 tahun? 1 bulan? Atau bahkan esok hari. Kita hampir tak dapat memastikannya. Meski sulit untuk benar-benar diketahui kepastiannya, tapi apa yang terjadi di masa mendatang sebenarnya bisa diprediksi lho.

Tahun 2050 akan Terjadi 8 Peristiwa Besar, Sudah Siapkah Anda?
Foto Ilustrasi

Ya, ilmu pengetahuan yang sudah sangat pesat perkembangannya ini bisa membantu manusia ‘meraba-raba’ peristiwa di masa depan. Terlebih kalau itu termasuk peristiwa besar yang mana bisa bikin kita lebih siap menghadapinya kelak.

Hipwee sudah merangkum 8 peristiwa besar yang kabarnya bakal terjadi sebelum pertengahan abad 21, seperti dilansir dari Bright Side ini. Yuk, simak dulu:

1. Gedung tertinggi di dunia bakal rampung dibangun pada 2020 mendatang. Lebih dari 1.000 meter, Guys!

Kalau kamu penggemar film Mission Impossible IV, kamu pasti tahu kalau ada adegan saat Tom Cruise memanjat sebuah gedung tinggi di Dubai, Burj Khalifa. Saat ini gedung tersebut memegang rekor gedung tertinggi di dunia. Tapi 3 tahun lagi predikat itu akan berpindah ke Jeddah Tower di Arab Saudi, yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Kabarnya tinggi gedung ini mencapai 3.303 kaki atau sekitar 1.000 meter lebih. Sampai 1 kilometer dong, ya?

2. Di tahun yang sama, hotel pertama di luar angkasa akan resmi dibuka. Ada yang minat bermalam di sana?

Di tahun yang sama, Bigelow Aerospace berencana meluncurkan pesawat luar angkasa yang bisa dijadikan hotel untuk manusia bumi yang sedang berada di luar angkasa, lho. Uji coba pada beberapa kendaraan jenis ini sudah dilakukan, salah satunya bahkan dipakai di stasiun luar angkasa (ISS) sebagai ruang penyimpanan.

3. Roket milik SpaceX, perusahaan teknologi Elon Musk, akan pergi ke Mars pada tahun 2024

Masih seputar luar angkasa. Pada 2024, ilmuwan terkenal Elon Musk akan ‘beraksi’ lewat roket besutan perusahaannya, SpaceX. Roket ini akan membawa muatan kargo yang akan dikirim ke Mars. Tidak menutup kemungkinan, SpaceX selanjutnya juga akan mengirim manusia ke Mars meski belum diketahui kepastiannya kapan.

4. Jumlah populasi bumi akan meningkat jadi 8 miliar pada 2025. Siap-siap pindahan!

Kurang lebih 7-8 tahun lagi, jumlah penduduk di bumi akan meningkat, dari yang sekarang hampir 7,6 miliar menjadi 8 miliar! Sedangkan pada 2050 jumlah tersebut kemungkinan bakal bertambah lagi jadi 9,8 miliar. Yang lebih mengejutkan sih, menurut PBB seperti yang dikutip Tempo, mulai sekarang hingga 2050, setengah pertumbuhan penduduk dunia cuma terkonsentrasi di 9 negara aja, salah satunya Indonesia! Wah wah …

5. Pada 2028, Venice mungkin akan jadi kota yang sudah nggak bisa dihuni

Salah satu kota di Italia ini letaknya memang dikelilingi sebuah laguna bernama Venetian. Nah, laguna ini setiap tahunnya terus mengalami peningkatan jumlah air. Pada 2028 diperkirakan akan semakin meningkat hingga nggak memungkinkan penduduknya tinggal di rumah lagi! Bahkan mungkin setelah tahun 2100 Venice akan tenggelam.

6. Area lapisan es di Antartika akan semakin mengecil pada 2030. Bahaya nggak buat kita?

Seperti yang kita tahu kondisi bumi saat ini setiap tahunnya semakin panas. Pemanasan global ini berdampak pada banyak hal, salah satunya yang paling kelihatan, ya, mengecilnya lapisan es di Antartika ini. Diprediksi pada 2030 areanya akan lebih menyempit lagi. Venice mungkin jadi salah satu negara yang terkena dampak mencairnya es ini, ya?

7. Di 2045 bakal terjadi kerumitan teknologi hingga manusia sendiri banyak yang nggak memahami

‘Technology Singularity’, adalah sebuah hipotesis dari kalangan ilmuwan yang menyatakan kalau cepat atau lambat, teknologi akan benar-benar mengubah peradaban manusia. Teknologi bukan lagi hal yang simpel, tapi menjadi sesuatu yang kompleks hingga mampu menciptakan beragam jenis manusia baru tanpa melalui proses biologis. Ngeri nggak tuh?

8. Kolonisasi Mars akan dimulai pada 2050. Ilmuwan akan mengirim orang ke planet merah tersebut

Sebenarnya sudah sejak beberapa waktu lalu, Mars digadang-gadang jadi planet ‘alternatif’ yang bisa dihuni manusia selain bumi. Nah pada 2050 mendatang, ilmuwan kabarnya akan mengirim penduduk ke sana untuk memulai peradaban baru lho! Rencana ini masuk dalam bagian dari proyek Mars One yang memang dilakukan para ilmuwan luar angkasa. Meski begitu banyak juga mereka yang nggak percaya manusia akan menghuni planet lain. Ya, kita lihat saja ya.

Ngeri-ngeri gimanaaa gitu, ya, kalau bicara soal prediksi masa depan. Beberapa sih memang ada yang bikin nggak sabar buat jadi saksi langsung peristiwa tersebut, tapi ada juga yang malah bikin nggak pengen tahun-tahun berlalu begitu cepat. Setuju?


Sumber: Hipwee.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations