Tahun Ajaran Baru, Ummusabri Kendari Terapkan Kurikulum Internasional

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Memasuki tahun ajaran 2019-2020, Pondok Pesantren Ummusabri Kendari akan menerapkan kurikulum internasional yang diimplementasikan dalam mata pelajaran IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Ummusabri, Supryanto, menerangkan kurikulum internasional tersebut nantinya diterapkan ke semua jenjang pendidikan dari Pendidikan Anak Usia Dini hingga SMA. Pihaknya juga sudah bermitra dengan beberapa institusi luar negeri untuk penerapan kurikulum tersebut.

“Singapura akan menjadi rujukan kita untuk mata pelajaran IPA dan matematika. Sementara Bahasa Inggris, kita merujuk ke Cambridge,” jelas Supryanto, Rabu (24/4/2019).

Dia menjelaskan, dalam penerapan kurikulum internasional mesti memperhatikan sejumlah hal, misalnya kompetensi tenaga pendidik. Sejak empat tahun terakhir, Ummusabri merekrut guru yang menguasai Bahasa Inggris untuk menunjang hal itu.

yamaha

“Selain itu, akhir Maret 2019, guru-guru kita dilatih menerapkan kurikulum internasional. Kemudian ketersediaan sarana prasarana yang mendukung penerapan kurikulum internasional juga mesti diperhatikan,” ucap Supryanto.

Selama pelaksanaan kurikulum, Ummusabri akan didampingi sekolah yang lebih dulu menerapkan kurikulum internasional karena sekolah ini merupakan sekolah pertama menerapkan hal itu di Sultra.

“Kalau di Indonesia banyak sekolah yang menerapkan kurikulum ini, meski semuanya adalah sekolah swasta,” tambahnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.