Festival Pesona Budaya Tua Buton

Tak Hanya Fokus Akademik, SMK Cakra Nusantara Unggul Non Akademik

SULTRAKINI.COM: BALI – Nama SMK Penerbangan Cakra Nusantara Bali semakin unggul. Berbagai prestasi telah ditorehkan oleh taruna-taruni dari berbagai jurusan, baik di bidang akademik maupun non akademik.

Bakat para taruna tersalurkan melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan pihak sekolah, diantaraya olah raga, aeromodeling, marching band, cakra pena (jurnalistik), cakra taksu (tari dan gamelan tradisional Bali), palang merah remaja, kelompok penggiat bahasa dan sosial (KPBS) serta Pramuka yang seluruhnya dinaungi oleh OSIS.

Berbagai kejuaraan telah diraih tarua-taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara, diantaranya baru saja memperoleh juara 1 Lomba Mini Newspaper tingkat SMA/SMK/MA se-Bali yang diadakan oleh Universitas Ganesha Singaraja dalam serangkaian kegiatan lomba cipta move SMA/SMK/MA se-Bali tahun 2018.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Putu Agus Mahendra, menerangkan, pada kegiatan Porjar Kota Denpasar, taruna-taruninya juga menjadi pemenang pada lomba cabor Dancesport, diantaranya juara 2 katagori lady, juara 3 couple ffa jive, juara 1 syllabus jive dan juara 3 syllabus chacha.

“Selain itu, kami juga memperoleh juara 3 cabang olahraga pentaque dalam Porjar se-Kota Denpasar,” tambah Agus.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara dalam mensupport berbagai kegiatan akademik dan non akademik, tak hanya mengutamakan proses, tetapi juga optimal dalam penyaluran alumni dengan membentuk lembaga bursa kerja khusus penyaluran alumni, yakni Cakra International Airport and Airline Service (CIAAS).

CIAAS berdiri dengan tujuan menyalurkan taruna-taruni SMK, khususnya SMK Penerbangan Cakra Nusantara, untuk bekerja secara langsung ke perusahaan- perusahan rakanan. Kedepannya pihak sekolah berharap akan semakin banyak perusahan dan instansi yang bekerjasama dengan pihak sekolah khususnya yang di luar negeri, sehingga para taruna-taruni bisa praktek kerja dan bisa langsung bekerja setelah mereka lulus.

Mulai tahun ajaran 2018/2019 difokuskan mengirim taruna-taruni praktek ke luar negeri, karena setelah tiga tahun sekolah kita berdiri, para taruna-taruni sudah praktek kerja di hampir seluruh wilayah nusantara Republik Indonesia.

Melalui penerapan kurikulum nasional 2018 dan sudah terstandarisasi Indonesia Association Aviation School, ber-ISO 9001:2015 dan sinkron dengan user di luar negeri, SMK Penerbangan Cakra Nusantara menekankan pada praktek. Hal ini selaras dengan konsep pemerintah 3:2:1, yaitu 3 semester PKL atau magang, 2 semester teori, 1 semester fokus uji kompetensi.

Adapun jurusan yang tersedia diantaranya Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (Bandara), Teknik Transmisi Telekomunikasi (Penerbangan), Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics).

Bagi alumni SMP atau sederajat yang tertarik berkarir di bidang penerbangan dan kedirgantaraan, dapat datang langsung ke Jalan Drupadi No. 25 Denpasar, atau menghubungi (0361) 4748124 contak person 081237098090 dan kunjungi www.smkpenerbangan.sch.id.

SPEAK UP

Putu Agus Mahendra, S.Pd
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan
SMK Penerbangan Cakra Nusantara selalu mensupport segala aktifitas taruna-taruninya baik di bidang akademik maupun non akademik. Banyak orang beranggapan bahwa SMK Penerbangan Cakra Nusantara hanya satu lingkup penerbangan saja. Tidak seperti itu, sekolah kami layaknya sekolah umum lainnya yang juga memfasilitasi di bidang olah raga, jurnalis, marching band, aero modeling dan organisasi lainnya. Dengan demikian, kemampuan dan bakat masing-masing siswa akan tersalurkan dengan maksimal.

Mohammad Amiqul Fahmi
Manager Operasional Cakra International Airport and Airline Service (CIAAS)
Kelanjutan masa depan Taruna-taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara dari awal masuk hingga menjadi alumni merupakan tanggung jawab pihak sekolah. Selain memfasilitasi dan selalu mensupport saat menjadi siswa, bahkan kelanjutannya pun masih dalam prioritas kami.

CIAAS merupakan bursa kerja khusus SMK Penerbangan Cakra Nusantara yang bergerak aktif dengan membantu menyalurkan alumni SMK Penerbangan Cakra Nusantara untuk bekerja maupun melanjutkan. Untuk info lebih lanjut, kalian dapat membuka website kami di www.bursakerjapenerbangan.com.

Ida Bagus Gede Darma Putra  (Kelas XI Adm Bandara)
Lahir di Denpasar 26 Februari 2001
Hobi photo & videograpy, Cita-cita aircraft designer/pilot
IG: gusdarma26, Youtube: Gusdarma _project
Saya sangat senang dalam membuat artikel dan design apapun itu, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya mengikuti ektrakurikuler jurnalistik atau cakra pena yang sesuai hobby dan bakat saya. Di sini saya dapat menyalurkan hobby saya menjadi seorang photographer ataupun videographer, juga banyak belajar mengenai design seperti majalah, newspapaer, serta banyak juga lainnya sehingga saya sangat senang dalam mengikuti kegiatan ektra dari jurnalistik ini.

Saya juga dipilih untuk menjadi wakil dari organisasi ini dan dipercaya dalam memimpin organisasi ini. Saya dan tim cakra pena sempat mewakili sekolah dalam kegiatan lomba mini newspaper tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana dan di sana kami mengirimkan 5 anggota diantaranya Ade Maylana, Gek Putri, Krisnadhrama, dan Paramitha Sekar, Widya Adnyani serta saya sendiri.

Walaupun dalam perlombaan tersebut kami belum bisa membawa pulang penghargaan, tapi saya dan teman-teman tidak menyesalinya, karena soal kalah dan menang itu sudah menjadi hal biasa, namun pengalaman yang berharga merupakan suatu kemenangan dalam diri sendiri. Maka dari itu kami tetap semangat untuk berkarya walupun pada saat itu kami memperoleh peringkat 9 besar se-nasional.

Pengalaman selanjutnya, yaitu mengikuti perlombaan mini newspaper yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Ganesha, dan kali ini kami mengirimkan 3 anggota yaitu Bellina, Desiana dan saya sendiri. Kami belajar banyak dari komentar juri di lomba sebelumnya, kami pun memperbaiki kesalahan yang kami alami sebelumnya. Tanpa disangka kami memperoleh juara 1 dari sekian banyaknya peserta, tropy dan piagam serta piala bergilir diberikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Kami pun sangat senang dan merasa bangga. Di sini saya dapat belajar untuk jangan menyerah dalam menghadapi apapun itu serta jangan pernah putus asa jika mengalami kegagalan. Semoga ke depannya organisasi jurnalistik ini berjalan dengan baik dan dapat diteruskan oleh generasi berikutnya serta aktif dalam kegiatan apapun. Bersekolah di SMK PCN itu sangat luar biasa.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas suport dan masukan dari kawan-kawan serta guru-guru yang senantiasi memberikan ilmu dan masukan terutama pembina dari cakra pena jurnalistik sendiri, ibu Ni Luh Gede Dhanayasa dan seluruh anggota jurnalistik lainnya.

Mengapa harus SMK Penerbangan? Karena di dunia kedirgantaraan banyak peluang kerja bagi siswa tamatan SMK terutama penerbangan, serta memiliki pengalaman yang pasti dan siap untuk bersaing di dunia industri. Selain itu sangat banyak ilmu yang saya dapatkan dengan sistem belajar mengajar 30% materi dan 70% pratikum, membuat saya menjadi lebih paham mengenai dunia administrasi di bidang kebandaraan.

Bergabung dan belajar di SMK PCN ini, saya juga memiliki pengalaman ke luar negeri dalam hal melakukan kegiatan study visit. Saya sangat senang bisa nenambah ilmu di negeri jiran dan tentu tidak mudah untuk bisa ikut dalam hal tersebut, karena kita harus mengikuti tes dan pelatihan agar mampu dalam mengikuti kegiatan tersebut. Ayo, tunggu apalagi sudah banyak pengalaman yang saya rasakan di sekolah ini, bangun dan daftarkan dirimu di SMK PCN, jadilah insan yang kreatif unggul dan mandiri serta siap dalam bersaing di dunia usaha dan dunia industri.

Ni Kadek Cipta Sari
Lahir di Asak, 15 Maret 2001
Hobby: Olahraga
Saya sangat bangga bisa bertanding dan juara dengan membawa nama sekolah, ini juga berkat dukungan penuh dari sekolah dan orangtua. Ini menjadi kebanggan buat diri saya juga karena bisa berprestasi di sekolah.

Saya berharap semoga saya bisa mempertahankan maupun meningkatkan prestasi yang pernah saya raih di bidang olahraga dan mampu membawa nama sekolah lebih baik lagi dari sebelumnya.

Saya juga sangat berterimakasih untuk sekolah karena sudah memberi kesempatan untuk muridnya dalam mengembangkan bakatnya selain di bidang akademik, dan dukungan penuh yang diberikan dari sekolah sehingga membuat saya tambah semangat untuk mengembangkan bakat saya dan mampu meraih cita-cita saya nanti.

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.