Tak Pakai Helm dan Surat-surat Tak Lengkap, Dominasi Pelanggaran Sepekan Operasi Simpatik

  • Bagikan
Kasatlantas Polres Kendari AKP Muhammad Alka, S.IK.Foto: Rian Adriansyah/SULTRAKINI.COM

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Minggu pertama pelaksanaan Operasi Simpatik Anoa untuk menindak pelanggar lalu lintas, dominasi pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara motor yakni banyak yang tidak menggunakan helm serta surat-surat berkendara seperti SIM dan STNK banyak yang tidak lengkap.

Data dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sultra tercatat hingga Minggu (5/3/2017) kemarin, sudah sebanyak 1.318 teguran yang diberikan kepada pengendara yang tidak patuh dalam aturan berlalu lintas.

Di wilayah Kota Kendari, Operasi Simpatik mengedepankan pencegahan dan edukasi keselamatan bagi pengguna jalan dengan target operasi tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk berperan serta secara aktif dalam membangun budaya patuh hukum dalam berlalu lintas.

“Kami berikan teguran yang tidak berpotensi kecelakaan, seperti kelengkapan STNK, SIM, kaca spion dipasangi dua-duanya, jangan hanya dipake satu saja, serta penggunaan helm bagi anak kecil,” kata Kasatlantas Polresta Kendari AKP Muhammad Alka, S.IK saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (6/3/2017).

Dalam Operasi Simpatik kali ini, Satlantas Polres Kendari banyak menemukan kendaraan roda dua maupun roda empat yang spesifikasinya sudah berubah, seperti ban sepeda motor yang dimodifikasi dengan menggunakan ban yang lebih kecil yang sudah tidak sesuai standar pabrik serta mobil yang di balut dengan Wrapping Sticker sehingga warna asli berubah tidak sesuai warna yang tertera didalam surat-surat.

Penyuluhan untuk mengetahui rambu-rambu dijalan raya juga diberikan kepada pengendara seperti tidak boleh melintasi marka jalan yang bergaris lurus.

“Kalau garis nggak putus dia motong jalur, itu yang mengakibatkan kecelakaan,” tambah Alumni Akademi Kepolisian Tahun 2009 ini.

Operasi Simpatik Anoa 2017 digelar hingga 21 Maret 2017. Di wilayah hukum Polda Sultra, disiapkan 375 personel untuk melaksanakan operasi itu.


Laporan : Rian Adriansyah

  • Bagikan