Iklan Clarion

Tak Pakai Helm, Dominasi Pelanggaran Lalu Lintas di Konawe

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pelaksanaan Operasi Zebra sisa satu hari lagi. Hingga Senin (28/11/2916), jumlah pengendara di Kabupaten Konawe yang ditilang sebanyak 316.

Kasat Lantas Polres Konawe, AKP Jumiran mengungkapkan, selama tiga belas hari Operasi Zebra ada 361 pelanggar yang ditindak. Jumlah tersebut lebih didominasi oleh pelanggaran kasat mata, seperti tidak memakai helm. Jika dipersentasekan, pelanggaran tidak memakai helm dari jumlah yang ditindak mencapai 60 persen. Selanjutnya, 20 persen pengendara di bawah umur dan 20 persen sisanya adalah pelanggaran akibat ketidaklengkapan surat kendaraan dan komponen bermotor lainnya, seperti tidak ada spion. 

“Sasaran utama kami memang adalah pelanggaran kasat mata. Kalau terkait kelengkapan surat itu nomor sekian. Sebab instruksi langsung dari Kapolri adalah meminimalisir angka fatalitas kecelakaan,” jelasnya. 

Jumiran  menerangkan, selama operasi berlangsung pihaknya lebih banyak melakukan operasi hunting yang sifatnya mobile. Sementara untuk model operasi yang menetap di posko, hanya empat kali dilakukan. 

“Jadi para pelanggar itu kami cari di sepanjang jalan poros Konawe, mulai dari perbatasan Kendari sampai ke perbatasan Koltim. Cara ini kami anggap lebih efektif ketimbang menunggu pelanggar di titik tertentu untuk melakukan penindakan,” tandasnya.

Pria berpangkat tiga balak itu juga menambahkan, selama operasi berlangsung sejak tanggal 16 November lalu, terjadi tiga kasus kecelakaan. Dari tiga kasus tersebut, satu orang meninggal dunia. Sedang lima lainnya mengalami luka ringan. Kerugian materi yang ditimbulkan akibat kejadian itu sebanyak Rp16,5 juta.

“Yang meninggal itu adalah kasus kecelakaan tunggal yang  melibatkan mobil Satpol PP,” tandasnya. 

Reporter : Mas Jaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.