Tanam Jagung, Bank Sultra Siapkan Rp50 Miliar 

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Bank Sultra menyiapkan dana Rp50 miliar untuk membiayai penanaman jagung di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

“Kami telah menyiapkan dana sekitar Rp50 miliar untuk penanaman jagung,” kata Kepala Devisi Perkreditan Bank Sultra Hasbi Arfa pada acara sosialisasikan pengambilan kredit pada anggota koperasi di Aula Anawai Ngguluri, Pemda Konut, Selasa (13/12/2016).

Pembiayaan tersebut seiring dengan program Pemda Konut dibawah kepeminpinan Bupati H Ruksamin dan Wakilnya Rauf yang menggenjot program penanaman seribu hektar jagung.

Untuk membiayai program tersebut pemda menggandeng beberapa bank, salah satunya Bank Sultra.

Menurut Hasbi, dana Rp50 miliar itu bakal dibagi kepada anggota koperasi yang berada di Konut 

“Itu yang akan di bagi ke anggota koperasi yang memiliki lahan, dengan besaran sembilan juta rupiah per hektar,” ungkapnya.

Cara mengambil kredit di Bank Sultra terlebih dahulu anggota koperasi yang akan mendapatkan fasilitas tersebut harus di setujui oleh pemerintah desa kemudian diteruskan ke BP4K dan Dinas Peridagkop. Setelah diverifikasi lahannya tidak bermasalah barulah Bank Sultra mencairkan dananya.

Untuk pengembalian pinjaman, Bank Sultra akan menunggu hasil panen anggota koperasi. 

“Kami berharap agar program tersebut dapat terealisasi dengan baik karena jika berhasil ini merupakan satu prestasi bagi Konawe Utara sehingga dengan adanya penanaman seribu hektar diharapkan presiden dapat hadir di Konut untuk panen perdana. Pembiayaan ini juga dapat menjadi percontohan secara nasional sehingga konut bisa swasembada jagung,” tuturnya.

Laporan: Arifin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.