Tanaman Kelor Berdaun Unik Mirip Bunga Sakura Tumbuh di Baubau

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Fenomena unik tanaman kelor berdaun putih, milik seorang warga di Kecamatan Wolio, Kabupaten Baubau (sebelumnya ditulis Buton), Sulawesi Tenggara (Sultra), mendadak menjadi perbincangan publik.

Tanaman kaya akan zat besi bernama latin Moringa Oleifera ini, warna daunnya hingga bunga tidak lazim sama seperti jenis tumbuhan dikelasnya.

Bahkan jika dilihat sepintas, tanaman kelor berdaun putih ini mirip bunga sakura dari negara Jepang.

La Abu (24), pemilik pohon kelor berdaun putih ini mengaku tidak mengetahui proses perubahan apa yang terjadi terhadap tanaman tersebut. Hanya saja, kelor yang tumbuh di halaman rumahnya itu sudah berusia puluhan tahun.

“Dulu saya tanam batangnya, kemudian beberapa lama kemudian tumbuh dan seiring usianya, daun kelor ini berubah warnanya menjadi putih. Kalau yang saya punya pohon kelor jenis ini ada dua,” kata La Abu kepada Sultrakini.com melalui telepon selularnya, Minggu (28/4/2019).

Pria yang sehari-hari pekerja swasta ini menuturkan, kelor putih ini berubah warna tidak menentu dan hanya terjadi pada saat musim tertentu saja.

Kendati demikian, meski tanaman kelor miliknya yang berubah warna unik, tidak lantas membuat La Abu takut untuk mengkonsumsinya.

“Iya masih sering saya konsumsi, karena selain untuk jadi sayur, daun kelor ini bisa menjadi obat,” ucapnya.

(Baca juga: Lima Tanaman Dianggap Mistis Ini Mujarab Tumbangkan Penyakit Ganas)

Laporan: Wayan Sukanta

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.