Target Partisipasi Pemilih, KPUD Mubar Mulai Jadwalkan Turun Lapangan

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Google)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar), ikut ambil bagian mensukseskan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara 2018. Tujuan meningkatkan angka partisipasi pemilih, dibentuk KPUD melalui sosialisasi di sejumlah sekolah tingkatan akhir.

Sedikitnya tiga SMA di tiga wilayah berbeda akan menjadi tujuan sosialisasi mulai minggu ini sampai Desember mendatang, yakni SMAN 1 Lawa di wilayah Lawa Raya, SMAN 2 Kusambi di Kusambi Raya, dan SMAN 1 Tiworo Kepulauan yang berada di Tiworo Raya.

“Selain sosiaslisasi pada pemilih pemula kami akan sosialisasi di beberapa tempat antara lain mengunjungi tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh wanita,” terang Ketua KPUD Mubar, Al Munardin, Selasa (12/9/2017).

Sosialisasi kepada tokoh agama bertujuan untuk mendapat nasihat kerohanian, guna menciptakan demokrasi yang sehat pada setiap pelaksaan pesta demokrasi di Mubar. Sebab konsep demokrasi yang baik bukan paksaan, tetapi bagaimana KPU bisa mendorog agar dalam pemilihan ini masyarakat tidak ada pengelompokan ketika selesai menentukan pilihanya masing- masing.

Menurut Al Munardin, perbedaan pilihan adalah hal wajar, bukan menjadi pertentangan yang abadi. “Beda pilihan itu hal biasa, tapi yang luar biasa adalah mampu menjaga suasana kondusif dalam sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

KPUD Mubar menargetkan angka partisipasi pemilih bisa mencapai 90 persen. Seperti diketahui, KPUD Mubar dalam Pilkada Mubar 2017 sebelumnya mencapai angka partisipasi pemilih tertinggi di Sultra.

Laporan: Akhir Sanjaya

  • Bagikan