Iklan Clarion

Tarik Minat Warga, Satlantas Polres Buton Bakal Lakukan SIM Keliling

SULTRAKINI.COM: BUTON – Untuk menarik minat warga di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam hal pembuatan surat izin mengemudi, Satlantas Polres Buton bakal berlakukan pembuatan SIM keliling di setiap desa.

“Kami mau adakan SIM keliling, istilahnya jemput bola datangi masyarakat untuk buat SIM di wilayahnya masing-masing,” kata Kasatlantas Polres Buton, IPTU Syahrul kepada Sultrakini.com di kantornya, Senin (3/9/2018).

Meski begitu, rencana tersebut, terlebih dulu akan dikoordinasikan dengan Direktorat Lalulintas Polda Sultra. Menurutnya, langkah pembuatan SIM keliling itu dilakukan karena melihat kurangnya antusias warga dalam pembuatan SIM.

“Minata atau antusias warga untuk membuat SIM itu, peminatnya masih kurang, kendalanya itu yang saya tau karena faktor jarak itu, makanya saya berinisiatif membuat SIM keliling,” ujarnya.

Langkah itu, lanjut Syahrul, dianggap bisa meningkatkan antusias masyarakat. Terbukti, saat pihaknya melakukan uji coba pembuatan SIM di sejumlah Polsek di wilayah tersebut, antusias masyarakat membuat SIM cukup tinggi.

“Kemarin kita sudah uji coba datangi ke Polsek-Polsek, hanya masalahnya adalah mereka (Masyarakat) tidak tau saja ada tim Satlantas disana (Polsek),” imbuhnya.

Ditambahkannya, kedepan dalam pembuatan SIM keliling, pihaknya akan bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas di masing-masing wilayah serta pihak-pihak terkait seperti camat dan lurah/kepala desa untuk mensosialisasikan pembuatan SIM keliling tersebut.

“Jadi nanti, mereka camat, lurah atau kepala desa itu yang undang kami bahwa masyarakat sudah siap untuk buat SIM, ya tidak gratis, kan ada PNBP nya sesuai aturan yang ada,” tandasnya.

Sekedar diketahui, sisa SIM yang belum digunakan hingga saat ini dari total sekira 2000 keping SIM pada 2018 ini yaitu sekira 900 keping.

Laporan: La Ode Ali
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.