Tatap Pilkada Konsel, Arsalim Siap Lamar Irham Kalenggo

  • Bagikan
Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin bersama Irham Kalenggo. (Foto: istimewa).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Niat Arsalim Arifin untuk bertarung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020, rupanya sudah mantap.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Konsel tersebut tidak ingin ketinggalan momen politik di tahun ini. Saat ini, Arsalim Arifin menunggu pasangan untuk maju di Pilkada Konsel, sebab Gerindra memiliki lima kursi di DPRD Konsel.

“Gerindra tidak ingin menjadi penonton di Pilkada 2020, Kader Gerindra bakal menjadi peserta Pilkada baik dalam posisi sebagai Bupati maupun Wakil Bupati. Dan itu saya harus amini,” ujarnya, Sabtu, (11/7/2020).

Keputusan untuk maju di Plikada Konsel tersebut kata Arsalim, didasari atas perintah partai agar kader partai menjadi peserta Pilkada dengan berkoaliasi dengan partai lainnya.

Meski DPP Gerindra belum mengeluarkan rekomendasi untuk calon bupati dan wakil bupati di Konsel, namun Arsalim meyakini bahwa dirinya akan diusung. Sebab, dalam Pilkada, Gerindra memprioritaskan kader.

“Ini karena sudah instruksi DPP Partai Gerindra melalui Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani belum lama ini. Insyah Allah pekan depan akan sudah ada keputusan dari DPP yakni dalam bentuk rekomendasi,” kata Arsalim.

Untuk maju di Pilkada Konsel, Partai Gerindra harus berkoalisi dengan partai lainnya yang memiliki kursi di DPRD Konsel. Syarat calon harus tujuh kursi dan Gerindra siap berkoalisi. Ia mengaku, siap berpasangan dengan Irham Kalenggo yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Konsel. Baik sebagai Bupati maupun sebagai Wakil Bupati Konsel.

“Arah untuk menuju kesana juga ada komunikasi DPP Gerindra dan Golkar sudah bersepakat untuk bekerja sama di Pilkada serentak di Indonesia dan terkhusus di Konsel. Dan saya siap mendampingi Irham Kalenggo, jika kami berjodoh,” ucapnya.

Ditambahkan, selain melakukan komunikasi dengan Golkar, seperti yang dilakukan oleh DPP dan di daerah, juga melakukan komunikasi dengan Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Untuk mewujudkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati akan dilakukan dalam bulan Juli ini, dengan harapan di pendaftaran di KPU, Posisi Gerindra sebagai perserta bukan sebagai penonton,” jelasnya.

Untuk saat ini, di Pilkada Konsel sudah ada tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang mengerucut. Ketiga pasangan calon tersebut masing masing adalah, Surunuddin Dangga – Rasyid, Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae dan pasangan Muhammad Endang SA – Wahyu Ade Pratama Imran

Tiga pasangan calon tersebut masih terbuka ruang untuk satu pasangan lagi yakni jika Partai Gerindra memajukan pasangan calon dengan koalisi partai lainnya yang memiliki sheat di DPRD Konsel yang belum mengeluarkan rekomendasi.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan