Teluk Kendari Cocok Jadi Destinasi Wisata Seperti Perancis

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Teluk Kendari rupanya memiliki potensi besar jadi pusat wisata bahari di Kawasan Timur Indonesia bertaraf internasional. Khususnya sebagai sarana edukasi biota laut dan olahraga air. Posisinya yang membentang di tengah-tengah kota, dianggap sebagai destinasi wisata yang unik sehingga banyak diminati wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pemerintah Kota La Rochelle-Perancis pun tertarik dengan lokasi ini. Bahkan Pemkot Kendari di era Asrun-Musaddar, pernah membuat kesepakatan kerjasama kemaritiman dengan Pemkot La Rochelle yang ditandatangani kedua pihak disaksikan Presiden Joko Widodo di Jakarta pada 29 Maret 2017 yang lalu.

Wali Kota La Rochelle saat itu, Jean Franchous Fountaine, mengaku tertarik dengan pesona alam Teluk Kendari. Pemerintah Perancis siap membantu untuk menjadikan Teluk Kendari menjadi destinasi wisata internasional, diantaranya dengan membangun sebuah aquarium raksasa.

Aquarium raksasa merupakan objek wisata utama di La Rochelle. Teluk Kendari, menurut Fourtaine, sangat cocok untuk dibangun hal serupa, apalagi akan menampung ragam jenis sampel biota dari Laut Banda yang berhadapan langsung dengan Teluk Kendari. Bahkan pihak Perancis siap mendatangkan para ahlinya untuk pengelolaan sambil membina pihak pengelola lokal Kendari. Sebab akuarium ini butuh pemeliharaan ekstra sehingga butuh ahli.

gemilang simpeda bank sultra

Mantan Bupati Wakatobi dua periode, Ir. Hugua, yang berpengalaman membangun destinasi wisata menilai Pemkot Kendari memang sudah seharusnya melihat potensi wisata di teluk. Sebab Teluk Kendari jika dikelola dengan baik akan menjadi ikon dan sumber perputaran ekonomi masyarakat setempat. Aneka usaha yang berhubungan dengan periwisata akan hidup, baik mikro maupun usaha besar.

“Teluk Kendari ini keren. Usaha kuliner sudah pasti akan hidup di sini, jasa, hiburan, perdagangan, perhotelan dan lain lain, akan terdampak dari hidupnya kawasan teluk ini. Ekonomi kreatif akan menjadi pendorongnya,” terang Hugua yang kini menjadi Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara nomor urut 2 mendampingi mantan Wali Kota Kendari, Asrun.

Plt Wali Kota Kendari, Sulkarnain, mengatakan, program peningkatan dan pengembangan Teluk Kendari memang sudah masuk program pemerintah kota. Dalam visi misinya saat mencalonkan diri bersama Adriatma Dwi Putra sebagai walikota dan wakil walikota, pengembangan kawasan teluk memang masuk dalam 9 program prioritasnya.

“Bertahap, kami sedang mempersiapkan semua pelaksanaan program-program pemerintah kota. Tidak bisa sekaligus, ada planning yang kita sesuaikan dengan kondisi daerah. Sekarang juga kan sedang diselesaikan pembangunan Masjid Teluk Kendari,” kata Sulkarnain kepada SultraKini.com.

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.