Tempelan Salin Form C1 Pemilu di Kantor Kelurahan Bukit Wolio Indah Hilang

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Formulir Salinan C1 (sertifikat hasil pengitungan suara) pleno pemilu 2019 di papan pengumuman Kantor Lurah Bukit Wolio Indah, Kabupaten Baubau diambil orang tidak bertanggung jawab. Padahal Form C1 se-kelurahan tersebut baru saja ditempel beberapa jam sebelum hilang.

Form C1 yang hilang, meliputi pilpres dan pilcaleg 2019. Data ini ditempelkan pada Jumat (19/4/2019) malam di papan pengumuman Kantor Kelurahan Bukit Wolio Indah. Namun, beberapa jam ditinggalkan petugas untuk makan malam, kertas C1 itu hilang.

Ketua PPS, Zulhidayat, mengatakan salinan Form C1 itu merupakan salah satu bukti kerja keras petugas KPPS selama pemilu tersebut.

“Teman-teman KPPS turut membantu persiapan dalam penempelan sertifikat hasil penghitungan suara dari masing-masing TPS, dalam bentuk model C1 PPWP sampai dari DPRD kabupaten/kota, ini sebagai salah satu tahapan pemilu 2019,” terang Zulhidayat, Sabtu (20/4/2019).

Penempelan salinan C1 di papan pengumuman Kantor Kelurahan Bukit Wolio Indah dan nampak salinan hilang dari papan pengumuman. (Foto: Zulhidayat untuk Sultrakini.com)
Penempelan salinan C1 di papan pengumuman Kantor Kelurahan Bukit Wolio Indah dan nampak salinan hilang dari papan pengumuman. (Foto: Zulhidayat untuk Sultrakini.com)

Dirinya menyayangkan perbuatan tidak bertanggung jawab tersebut. Sebab, anggota KPPS bahkan begadang semalaman untuk menyalin secara manual semua C1.

yamaha

“Kami hanya tinggalkan sebentar kantor kelurahan sekitar jam 1 malam kami pulang makan di rumah, saat kami kembali di kantor semua C1 hilang,” ucapnya.

Salah seorang Anggota KPPS, Sahirana Aksar menduga warga yang menjadi saksi partai dan atau presiden-wapres/caleg di tempat TPS yang tidak sempat mengambil formulir C1 ketika penghitungan suara, mengambil salinan formulir di papan pengumuman tersebut.

“Kayaknya orang-orang yang jadi saksi yang tidak punya C1 yang ambil, tidak mau capek jadi main ambil saja yang ada,” duganya.

Pleno pemilu di Kecamatan Wolio mulai Sabtu (20/4) ini dengan urutan pleno berdasarkan kelurahan yaitu:

1. Kelurahan Wale;
2. Kelurahan Tomba;
3. Kelurahan Bataraguru;
4. Kelurahan Wangkanapi;
5. Kelurahan Batulo;
6. Kelurahan Kadolo Katapi;
7. Kelurahan Bukit Wolio Indah.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.