SUARA

Tenaga Pendidik UM Kendari Dilatih Terapkan E-learning di Metode Perkuliahan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dunia pendidikan tinggi saat ini menyaksikan perkembangan teknologi informasi yang begitu masif. Kehadiran TI dalam konteks pendidikan tinggi menawarkan kemudahan dalam media-media promosi maupun pembelajaran bagi perguruan tinggi.

Demi menunjang kinerja dan kemampuan tenaga pendidiknya, Universitas Muhammadiyah Kendari terus berupaya menerapkan dan mengaplikasikan TI ke dalam proses belajar mengajar mahasiswa, salah satunya dengan pelatihan E-learning Universitas Muhammadiyah Kendari ( E-lumak) yang merupakan sistem pembelajaran daring UM Kendari. Selain itu, hal ini menjawab respon akan tantangan perkembangan TI dalam dunia pendidikan.

Rektor UM Kendari, Amir Mahmud, mengatakan pada pelatihan ini dosen-dosen akan dibekali dengan materi-materi terkait pembelajaran daring dari E-lumak. Pelatihan akan berlangsung sepekan, yakni 19-26 Juni 2020. Hadir sebagai pemateri Hendri Yawan juga sebagai tenaga pengajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Penddikan UM Kendari dengan materinya proses pembuatan akun E-lumak, konfigurasi kelas, manajemen aktivitas pembelajaran sampai pada tahap manajemen sumber belajar.

yamaha

Menurutnya, perguruan tinggi bisa menjadikan TI sebagai peluang, ketika mengintegrasikannya dalam proses belajar-mengajar mahasiswa. Selain menawarkan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif, TI mampu menawarkan efisiensi dan kecepatan.

“Dosen yang menjadi peserta dalam pelatihan ini juga diharuskan mengerjakan tugas-tugas di tempat pelatihan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dosen-deosen mengajarkan mahasiswa dengan aplikasi ini dalam proses perkuliahan,” kata Amir Mahmud, Senin (22/6/2020). (C)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.